Jelang Pelonggaran PPKM Level 4, DPR Ingatkan Pemerintah Tak Kendurkan Testing dan Tracing

- Kamis, 22 Juli 2021 | 19:42 WIB
Pengendara melintas di dekat mural bertemakan Covid-19 di Petamburan, Jakarta, Rabu (21/7/2021). (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Pengendara melintas di dekat mural bertemakan Covid-19 di Petamburan, Jakarta, Rabu (21/7/2021). (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris mengingatkan kepada pemerintah agar selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), testing dan tracing tidak boleh memurun seiring rencana pemerintah melonggarkan PPKM Level 4 pada 26 Juli mendatang.

Menurut dia rencana pemerintah yang akan melonggarkan ini bisa dilakukan jika data tren penularan menurun mutlak harus dibarengi dengan peningkatan jumlah testing dan tracing.

“Sebab, semakin banyak jumlah testing dan tracing, semakin riil juga data penularan dengan kondisi penularan sebenarnya di lapangan,” tegas Charles kepada wartawan, Kamis (22/7/2021):

Politisi PDIP ini pun menyoroti dalam beberapa hari terakhir justru kondisi sebaliknya, yakni jumlah testing yang semakin menurun. Bahkan, jumlah testing Rabu (21/7) atau sehari setelah Presiden Jokowi mengumumkan perpanjangan PPKM Level 4, malah menurun menjadi 153.330 spesimen, atau terendah selama sepekan terakhir.

“Penurunan jumlah testing dan tracing ini seharusnya tidak boleh terjadi dengan alasan apapun. Ketika kita sedang menghadapi kondisi darurat seperti ini, jumlah testing dan tracing justru harus ditingkatkan berkali-kali lipat, bahkan kalau perlu hingga 1 juta testing per hari,” tegas Charles.

Maka dari itu, Charles berujar jumlah testing dan tracing yang tinggi, diharapkan data angka penularan bisa mendekati kondisi sebenarnya. Sehingga keputusan  yang diambil pemerintah di akhir masa perpanjangan PPKM Level 4 ini juga tepat.

Disamping itu dia menekankan kesalahan data dalam rencana pelonggaran PPKM Level 4 tidak boleh terjadi, agar gotong-royong seluruh elemen bangsa dalam penanggulangan Covid-19 selama ini tidak menjadi sia-sia.

“Selain testing dan tracing, memperbanyak isolasi berikut sarana dan prasarananya, juga kunci untuk meredam laju infeksi. Jadi kalaupun pelonggaran PPKM Level 4 dilakukan, asal jumlah tesnya banyak dan terlacak, maka pasien Covid-19 bisa segera diisolasi untuk mencegah penularan,” tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X