Duh! Miliaran Rupiah Uang Parkir di Bogor Ternyata Dinikmati Preman

- Minggu, 31 Oktober 2021 | 15:38 WIB
Ilustrasi parkir liar (ANTARA/ Nirkomala)
Ilustrasi parkir liar (ANTARA/ Nirkomala)

Polres Bogor mengungkap bahwa sektor parkir di beberapa wilayah di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menghasilkan uang miliaran rupiah. Namun, parkir tersebut malah dikelola preman.

Salah satu dampak pengelolaan parkir ilegal ini adalah pembunuhan bos preman pengelola parkir liar yang telah diungkap oleh Polres Bogor.

"Tersangka AH ini sakit hati karena korban P alias G yang merupakan pamannya sendiri mengambil alih setoran parkir di sekitaran Metland Cileungsi. Kemudian AH berencana membunuh korban sejak setahun lalu," ujar Kapolres Bogor AKBP Harun, Minggu (31/10/2021).

Dari satu kawasan lahan parkir ilegal di Metland Cileungsi, Bogor terdapat 18 preman parkir liar yang masing-masing menyetorkan uang senilai Rp205 ribu dalam sehari kepada AH, yakni bos parkir liar.

Jika dihitung, AH memperoleh uang senilai Rp3,7 juta dalam sehari atau Rp1,3 miliar dalam setahun dari parkiran ilegal di Kawasan Metland Cileungsi, Bogor.

Faktor ekonomi inilah yang melatarbelakangi pembunuhan berencana terhadap P yang merupakan paman dari AH. P mengambil alih 30 persen setoran dari lahan parkir di Metland Cileungsi, Bogor.

Sekretaris Satpol PP Kabupaten Bogor, Iman Wahyu Budiana tak menampik banyaknya parkir ilegal di Bogor yang membuat pendapatan daerah berkurang.

Tapi, dia mengaku pihaknya tak bisa menindak jika tidak menerima laporan dari Dishub setempat.

"Gini, kalau parkiran itu kewenangannya ada di DLLAJ (Dishub), sepanjang DLLAJ tidak memberikan laporan ke kami, kami tidak bisa (menindak)," kata Iman kepada Antara.

Padahal, jika dibiarkan maka Pemkab Bogor kehilangan potensi pendapatan dari sektor perparkiran.

"Berarti DLLAJ tidak melihat pada potensi, padahal itu potensi, seharusnya dilakukan pengawasan dan penertiban di wilayah itu," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X