Kapolda Metro Cek Titik Penyekatan Mudik: Kesiapannya Sudah 80%

- Kamis, 29 April 2021 | 17:51 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran cek kesiapan pos penyekatan di GT Cikarang Barat, Bekasi. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran cek kesiapan pos penyekatan di GT Cikarang Barat, Bekasi. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran siang tadi melakukan kunjungan ke sejumlah titik penyekatan mudik di Jadetabek. Dalam kunjungan tersebut, Fadil menyebut kesiapan titik penyekatan mudik saat ini sudah mencapai 80 persen.

Salah satu titik peninjauan Kapolda berada di Gerbang Tol Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi. Gerbang tol ini diketahui merupakan salah satu gerbang tol yang akan dibangun posko penyekatan larangan mudik.

"Saya bersama Dirlantas dan Karo Ops meninjau titik-titik penyekatan salah satunya adalah di Gerbang Tol Cikarang Barat. Di sini nanti yang akan menjadi lokasi penyekatan untuk mereka yang tetap nekat mudik mulai tanggal 6 di luar dari ketentuan yang sudah digariskan oleh pemerintah," kata Fadil kepada wartawan di Gerbang Tol Cikarang Barat, Bekasi, Kamis (29/4/2021).

Baca Juga: Larangan Mudik Lebaran, Polda Sulbar Bentuk Posko di Sejumlah Titik

Dalam peninjauannya, Fadil menyebut kesiapan penyekatan mudik sudah mencapai 80 persen. Pihaknya hanya tinggal membangun posko penyekatan.

"Jadi operasi kemanusiaan dan operasi penyekatan dari larangan mudik, saya melihat kesiapannya sudah 80 persen tinggal nanti kita bangunkan posko," beber Fadil.

Lebih jauh Fadil menyebut akan ada 14 titik penyekatan dan 17 titik check poin di wilayah Jadetabek. Ribuan petugas juga dikerahkan menjaga titik-titik tersebut.

"Jumlah personel yang dilibatkan untuk lalu lintas saja sekitar 1.300 orang. Nanti ada tambahan dari Dinas Perhubungan, TNI kemudian kesehatan, dari Sabhara Polri, Brimob. Jadi setiap hari mungkin di titik ini secara bergiliran bisa dijaga oleh 100 orang anggota, ini lebih dari cukup," kata Fadil.

Selain itu, mengenai jalur tikus, Fadil mengatakan pihaknya akan mengawasi jalur tikus yang ada di semua wilayah.

"Saya melakukan pengecekan jauh-jauh hari supaya pelaksanaannya jauh lebih optimal. Lubang tikus, jalur tikus kemudian jalur-jalur arteri, tol semua kita identifikasi di mana yang bisa dijadikan sebagai rute untuk mudik secara gelap, sembunyi-sembunyi," pungkas Fadil.
 

 Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X