Uji Coba Rudal Balistik Kapal Selam Pertama Korsel Picu Kekhawatiran Perang Dunia Ketiga

- Rabu, 8 September 2021 | 10:18 WIB
Korsel uji coba rudal balistik kapal selam. (REUTERS)
Korsel uji coba rudal balistik kapal selam. (REUTERS)

Korea Selatan telah menguji coba rudal balistik kapal selam pertamanya, ini memicu kekhawatiran perang dunia ketiga. Korsel menjadi negara pertama tanpa senjata nuklir yang mengembangkan kemampuan seperti itu.

Tujuh negara lain yang telah mengembangkan rudal ialah Amerika Serikat, Rusia, China, Inggris, Prancis, India, dan Korea Utara.

Dilansir Daily  Star, tes yang dilakukan tersebut bertujuan untuk mengurangi ketergantungan Korea Selatan pada AS di tengah provokasi dan ancaman nuklir yang meningkat dari Korea Utara.

Baca juga: Peringati Berakhirnya Perang Dunia II, Jepang Berjanji Tak akan Perang Lagi

Korea Selatan telah mengembangkan rudal yang semakin kuat yang dirancang untuk menargetkan bunker dan terowongan yang dijaga ketat di Korea Utara.

Uji coba kapal selam Dosan Ahn Chang-ho dilakukan minggu lalu, setelah uji coba serupa dilakukan dari kapal yang tenggelam bulan lalu, menurut kantor berita Yonhap.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Korea Selatan menolak untuk berkomentar dengan alasan keamanan.

Kementerian pertahanan merilis cetak biru pertahanannya untuk 2022 hingga 2026 yang menyerukan pengembangan rudal baru dengan kekuatan destruktif yang ditingkatkan secara signifikan.

Rudal itu diyakini merupakan varian dari Hyunmoo-2B Korea Selatan, dengan jangkauan sekitar 500 km, yang dilengkapi dengan hulu ledak konvensional.

Ketegangan antara Korea Utara dan Korea Selatan telah meningkat tahun ini.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X