Menkop Teten: Penyaluran dana BLT akan libatkan asosiasi PKL

- Kamis, 16 September 2021 | 01:28 WIB
Menteri Koperasi dan UKM (Menkop) Teten Masduki di Jakarta, Rabu (15/9). (photo/ANTARA/HO-KemenkopUKM)
Menteri Koperasi dan UKM (Menkop) Teten Masduki di Jakarta, Rabu (15/9). (photo/ANTARA/HO-KemenkopUKM)

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop) Teten Masduki menyebutkan asosiasi pedagang kaki lima (PKL) yang sebagian besar bergerak di bidang usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) akan dilibatkan untuk menyalurkan BLT.

Sebelumnya, pemerintah telah meluncurkan BLT untuk PKL dan pedagang warung tegal (warteg) senilai Rp1,2 juta per orang sebagaimana keputusan Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas di Istana Kepresiden Jakarta, Rabu (15/9).

"Asosiasi PKL berkepentingan untuk ikut terlibat dalam penyaluran bantuan Rp1,2 juta," kata Teten usai menghadiri rapat terbatas bersama Presiden di Istana Kepresidenan Jakarta dikutip dari ANTARA..

Presiden Jokowi meminta secara khusus agar asosiasi menggunakan data PKL dalam menyalurkan BLT kepada 1 juta penerima.

Pada kesempatan itu, pemerintah mengundang dan mendengarkan aspirasi pelaku UMKM yang meminta untuk mempermudah pengajuan kembali kredit usaha.
Baca juga: Kreatif! Pria Madura ini Bikin Miniatur Pesawat dan Bisa Terbang ke Langit

“Ini yang mungkin nanti akan dicarikan solusinya," ujar dia.

Dalam pertemuan tersebut, lanjutnya, Presiden Jokowi meminta produk UMKM untuk ditawarkan secara langsung kepada kementerian/lembaga. Dengan demikian, tutur Teten, produk lokal dapat diserap belanja pemerintah.

Dia mencatat bahwa saat ini baru sekitar 27 persen produk usaha kecil yang diserap pemerintah.

“Arahan Presiden agar produk UMKM ditawarkan langsung kepada kementerian/lembaga akan sangat bermanfaat untuk menyerap produk UMKM di tengah melemahnya daya beli masyarakat," ungkapnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X