Window Dressing adalah: Pengertian, Cara Kerja dan Dampaknya

- Senin, 5 Desember 2022 | 11:05 WIB
Ilustrasi Grafik Saham (Freepik.com/rawpixel.com)
Ilustrasi Grafik Saham (Freepik.com/rawpixel.com)

Nampaknya angin segar segera datang bagi para investor di penghujung tahun ini, bagaimana tidak isu 'Panen Cuan' Kian Mencuat Seiring dengan fenomena window dressing.

Lantas sebenarnya apa itu window dressing? berikut indozone telah merangkumnya untuk kamu, simak yuk!

Apa itu Window Dressing?

-
Ilustrasi Investor Presentasi (Freepik.com/rawpixel.com)

Melansir dari laman investopedia window dressing merupakan strategi yang digunakan oleh sebagian perusahaan untuk mempercantik portofolio sebelum di presentasikan atau disajikan kepada pemegang saham.

Biasanya, untuk melakukan strategi ini manajer investasi akan menjual saham dengan kerugian yang besar lho!. Namun akan digantinya untuk membeli saham yang lebih tinggi lagi pada akhir tahun.

window dressing juga merujuk pada tindakan yang diambil oleh perusahaan untuk memperbaiki laporan keuangan mereka yang akan datang. Caranya, untuk menunda pembayaran atau mencari cara untuk merecap pendapatan lebih awal.

Baca Juga: 5 Pilihan Instrumen Investasi yang Tepat untuk Hadapi Resesi

Cara Kerja Window Dressing

-
Ilustrasi Orang Mengerjakan Laporan (Freepik.com/our-team)

Perlu kamu ketahui cara kerja window dressing biasanya dibuatkan sebagai laporan untuk memantau pengembalian investasi.

Perusahaan dapat menggunakan window dressing dengan cara menjual saham yang telah melaporkan kerugian. 

Window dress juga ternyata membuat peneliti investasi dan regulator melirik tindakan tersebut, tentu karena memerlukan transparansi kepemilikan.

Dampak Window Dressing Bagi Investor

-
Ilustrasi pria presentasi grafik (Freepik.com/rawpixel.com)

Perlu kamu ketahui bahwa momentum window dressing ditandai dengan kenaikan indeks harga saham gabungan (IHSG). Akhir tahun merupakaan saat yang tepat untuk melakukan investasi.

Efek dari window dressing biasanya ditandai dengan naiknya sejumlah saham dan ditandai dengan 5-10 persen dalam satu hari perdagangan bursa.

Banyak orang percaya bahwa desember ini, besar kemungkinan IHSG juga akan kembali positif. Tentu berita ini merupakan angin segar bagi para investor karena pertumbuhan ekonomi jauh lebih baik. 

Baca Juga: Mengerikan! Kenali Apa itu Resesi 2023: Pengertian, Dampak dan Solusinya


Nah itulah pembahasan terkait window dressing yang merupakan salah satu strategi yang dilakukan perusahaan untuk meperbaiki penampilan portofolio agar menarik investor, Semoga informasi ini bermanfaat!

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X