Pemkot Jambi Siapkan Rp29 Miliar untuk THR PNS

- Kamis, 30 Maret 2023 | 21:27 WIB
Pemkot Jambi menyiapkan dana senilai Rp29 miliar untuk Tunjangan Hari Raya (THR) Idul Fitri 1444 H para Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkot Jambi. (Foto ilustrasi PNS: ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)
Pemkot Jambi menyiapkan dana senilai Rp29 miliar untuk Tunjangan Hari Raya (THR) Idul Fitri 1444 H para Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkot Jambi. (Foto ilustrasi PNS: ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi menyiapkan dana senilai Rp29 miliar untuk Tunjangan Hari Raya (THR) Idul Fitri 1444 H para Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkot Jambi. Dana tersebut juga diperuntukkan bagi THR Anggota DPRD Kota Jambi.
 
Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Jambi M Husni mengatakan, besaran THR untuk PNS dan dewan tersebut sama dengan nominal 1 bulan gaji.

"Total untuk seluruh PNS termasuk dewan itu, nilainya kurang lebih Rp29 miliar. Itu masih perhitungan kotor," katanya di Jambi, dikutip dari Antara, Kamis (30/3/2023).

Baca Juga: Menaker Ida: THR Wajib Dibayar Penuh!

Setelah THR, Gaji Ke-13 Dicairkan

Lebih lanjut Husni menyebutkan pemerintah akan mengutamakan terlebih dahulu pencairan THR bagi pegawai di Kota Jambi. Hal ini agar uang THR tersebut bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan untuk merayakan Idul Fitri.
 
Sementara untuk gaji ke-13, akan cair mendekati anak masuk sekolah. Diperkirakan gaji ke-13 ini akan cair pada bulan Mei atau Juni, pada saat memasuki tahun ajaran baru.
 
Saat ini, kata Husni, pihaknya masih menunggu aturan dari pemerintah pusat untuk mencairkan dana tersebut.

Baca Juga: Breaking News: THR 2023 Paling Lambat Dibayar H-7 Lebaran!

"Menunggu petunjuk teknis apakah Peraturan Presiden atau Peraturan Menkeu nantinya," katanya.

Jumlah PNS di Kota Jambi

Untuk diketahui, jumlah PNS di Kota Jambi berdasarkan data BPS tahun 2021 ada sebanyak 5.619 pegawai. Jumlah tersebut terdiri dari PNS laki-laki sebanyak 1.733 pegawai, dan PNS perempuan 3.886 pegawai. Sementara untuk jumlah Anggota DPRD Kota Jambi sebanyak 45 orang.

Sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengumumkan THR PNS termasuk TNI/Polri dan pensiunan tahun 2023, cair mulai H-10 Idul Fitri.

Selain itu, pemerintah juga mengatur pemberian gaji ke-13 sebagai bantuan pendidikan yang akan dilaksanakan mulai Juni 2023.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X