6 Dosen yang Pernah Gendong Bayi Sambil Mengajar di Dalam Kelas, Ada Dosen UGM Juga

- Rabu, 17 November 2021 | 22:28 WIB
Kolase foto  Profesor Nathan Aleander, dosen di Morehouse College (Foto: Nick Vaughan); dan Abdul Gaffar Karim, dosen FISIPOL UGM. (Facebook)
Kolase foto Profesor Nathan Aleander, dosen di Morehouse College (Foto: Nick Vaughan); dan Abdul Gaffar Karim, dosen FISIPOL UGM. (Facebook)

Citra seorang dosen secara umum adalah guru yang mengajar dengan serius di ruang kelas. 

Bukan tanpa alasan. Sebab, seorang dosen adalah orang yang bertanggungjawab dalam kelahiran generasi sarjana-sarjana atau bahkan ahli-ahli selanjutnya. Karenanya, seorang dosen dituntut untuk menyampaikan ilmu dan merangsang pikiran mahasiswanya agar lebih aktif dalam menggali ilmu.

Tugas demikian tak ayal membuat kebanyakan dosen tampil serius, kaku, dan tak jarang mendapat sebutan "killer".

Namun, pandangan tersebut tentu tak dapat disamaratakan atau menjadi stereotipe.

Di antara ribuan dosen berperawakan serius, selalu ada dosen yang justru berwatak sebaliknya. Mereka lentur dan humanis dalam bertindak. Sebagian dari mereka bahkan mengizinkan mahasiswanya yang sudah memiliki anak untuk membawa anak ke dalam kelas.

Berbicara soal dosen yang demikian, ada sejumlah dosen yang sampai tak kuasa menahan naluri kemanusiaannya, dengan ikut menggendong bayi dari mahasiswa yang ia ajar.

Berikut beberapa dosen yang pernah melalukan hal itu.

1. Dr Josie Ryan (Profesor Matematika di Lander University, South Carolina, Amerika Serikat)

-
Dr Josie Ryan, Profesor Matematika di Lander University, South Carolina, Amerika Serikat saat menggendong bayi mahasiswinya. (Facebook Sarah Thompson)

Pada tahun 2016 lalu, seorang mahasiswi di Lander University, South Carolina, AS, bernama Sarah Thompson melahirkan seorang bayi laki-laki ketika kuliah matematika yang ia ambil baru berjalan dua minggu.

Untungnya, dosen yang mengampu mata kuliah Matematika, Dr Josie Ryan berbaik hati. Dosen itu mengizinkan Sarah untuk membawa bayinya yang ia beri nama William Isaiah itu ke dalam kelas. Sebab, sang bayi memang belum bisa ditinggalkan karena membutuhkan ASI eksklusif.

Awalnya, Sarah sempat menolak kebaikan hati dari Ryan. Namun pada suatu hari, ia tak dapat lagi menolak tawaran itu dan akhirnya membawa bayinya ke kelas.

"Saat itulah dosen saya menggendong bayi saya yang tertidur lelap sambil mengajar," ujar Sarah.

Saat sang dosen menggendong bayinya, Sarah pun mendokumentasikan momen itu dengan foto yang lalu ia unggah di Facebook hingga viral mendunia.

"Setiap kali saya membawanya ke kelas, semua orang bilang 'Aww!'" kata Sarah.

2. Profesor Dr Hassan Chamas (Guru Besar Bisnis di Universitas Internasional Lebanon)

-
Profesor Dr Hassan Chamas, Guru Besar Bisnis di Universitas Internasional Lebanon menggendong bayi mahasiswanya. (Facebook)

Profesor Dr Hassan Chamas banjir pujian dari khalayak setelah viral karena aksinya menggendong bayi salah satu mahasiswinya yang menangis di dalam kelas. Aksi itu terjadi pada 6 Maret 2018 lalu.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X