Alat Penurun Berat Badan yang Dikembangkan Oleh University of Otago Memicu Kontroversi

- Selasa, 29 Juni 2021 | 10:30 WIB
Alat penurun berat badan. (Twitter/@otago)
Alat penurun berat badan. (Twitter/@otago)

Dicap sebagai perangkat penurunan berat badan pertama di dunia untuk melawan obesitas, magnet yang dinamai Bizarre ini dianggap merendahkan.

Megnet tersebut nantinya akan menghentikan mulut pemakainya agar tidak membuka lebih lebar dari 2 mm.

Dikutip dari The Sun, pencipta penumuan ini mengatakan secara efektif membatasi orang untuk diet. Namun magnet ini membuat orang tetap bisa berbicara dan bernapas seperti biasa.

Tapi perangkat yang dikembangkan oleh University of Otago dan peneliti Inggris telah menimbulkan kontroversi online.

"Saya pikir ini benar-benar mengerikan. Sungguh merendahkan," tulis seorang pengguna Twitter, menanggapi postingan Universitas Otago.

"Ya, masalahnya kami yang gendut tidak bisa tutup mulut," komentar yang lainnya.

"Apakah ini sindiran?" tanya yang lainnya.

Menurut British Dental Journal, enam peserta dalam uji coba yang berlangsung di Dublin kehilangan rata-rata 6,36 kg dalam dua minggu.

Perangkat tersebut memiliki fitur keamanan yang memungkinkan perangkat untuk dilepaskan jika terjadi keadaan darurat seperti serangan panik atau tersedak.

Wakil Rektor Ilmu Kesehatan Universitas Otago dan peneliti utama Profesor Paul Brunton mengatakan ini adalah alat efektif dan aman untuk membantu memerangi obesitas.

Dia juga mengatakan bahwa perangkat ini nantinya akan dipasang oleh dokter gigi.

Diperkirakan 1,9 miliar orang dewasa di seluruh dunia mengalami kelebihan berat badan dan diperkirakan sekitar 57 persen populasi dunia akan kelebihan berat badan atau obesitas pada tahun 2030.

Kath Fouhy, kepala eksekutif Dieticians NZ, percaya itu akan lebih cocok sebagai pembantu bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan sebelum operasi.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X