Demi Menyebarluaskan Layanan 4G, Pemerintah Pusat Bangun 421 BTS di NTT

- Kamis, 17 Juni 2021 | 21:25 WIB
Ilustrasi menara BTS (Base Transceiver Station). (photo/Pexels/Chris F/ilustrasi)
Ilustrasi menara BTS (Base Transceiver Station). (photo/Pexels/Chris F/ilustrasi)

Di tahun 2021 ini, pemerintah pusat akan membangun 421 Base Transceiver Station (BTS) pada desa-desa yang tersebar di 16 kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), dengan tujuan antara lain menyebarluaskan layanan 4G.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate di Labuan Bajo, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (17/6), menyatakan bahwa selain membangun BTS, pemerintah juga akan mengembangkan akses internet melalui satelit untuk layanan publik khusus, seperti layanan publik ke pusat-pusat kesehatan masyarakat dalam rangka untuk membantu pelayanan kesehatan dan pendidikan.

"Kami akan membangun lebih dari 400 BTS di seluruh desa dan kelurahan di NTT yang selama ini belum tersedia layanan 4G, sekaligus di kesempatan yang sama mengembangkan akses internet melalui satelit untuk layanan publik khusus seperti layanan publik ke pusat-pusat kesehatan masyarakat dalam rangka untuk membantu 'tele health' dan 'tele education' untuk pendidikannya," kata Johnny G Plate dikutip dari ANTARA.

Baca juga: Terima Suap, Mantan Bupati Muara Enim Divonis 8 Tahun Penjara dan Denda Rp350 Juta

Menkominfo mengatakan, program-program ini disiapkan dalam satu paket besar di sisi infrastruktur.

Ia memaparkan, daerah-daerah yang menjadi sasaran pembangunan BTS ini adalah Kabupaten Alor 33 BTS, Ende 59 BTS, Kupang 24 BTS, Lembata 31 BTS, Manggarai 31 BTS, Manggarai Barat 24 dan Manggarai Timur 66 BTS.

Selain itu, Kabupaten Nagekeo dan Sumba Barat Daya masing-masing 1 BTS, Rote Ndao 15 BTS, Sabu Raijua 3 BTS, Sumba Barat 4 BTS, Sumba Tengah 21 BTS, Sumba Timur 89 BTS, Timor Tengah Selatan 15 BTS dan Timor Tengah Utara 4 BTS.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X