Waspada! BMKG Ungkap Suhu Udara di Medan Akan Panas Hingga Beberapa Hari ke Depan

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 15:40 WIB
Ilustrasi cuaca panas di Kota Medan (Pixabay)
Ilustrasi cuaca panas di Kota Medan (Pixabay)

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Medan, Lestari I. Purba mengungkap suhu udara Kota Medan akan terasa panas menyengat hingga beberapa hari ke depan. Hal itu disebabkan karena adanya angin baratan yang membawa massa udara kering ke wilayah Sumut.

"Kita perkirakan terjadi hingga tiga hari ke depan. Ini karena ada gangguan typhoon di laut Filipina, itu menarik massa udara basah kita, sehingga kita menjadi lebih kering," bebernya kepada awak media, Rabu (13/10/2021).

Ia menjelaskan saat ini ada 7 titik panas yang terdeteksi di wilayah Sumut. Oleh karena itu ia mewanti-wanti masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar yang dapat menyebabkan kebakaran hutan dan asap.

Ia pun mengimbau masyarakat agar senantiasa menjaga kondisi tubuh di kondisi yang seperti ini.

"Perbanyak minum air putih dan sebisa mungkin kurangi beraktivitas di luar ruangan. Kalau pun beraktivitas di luar ruangan usahakan bawa payung biar," ujarnya.

Sementara itu, hari ini suhu udara di wilayah Medan mencapai 35,5 derajat celcius. Namun BMKG memperkirakan pada sore hingga malam hari akan terjadi hujan ringan hingga sedang di Kota Medan dan beberapa wilayah seperti Madina, Langkat, Binjai, Sergai dan Deli Serdang.

Selanjutnya, Labura, Labusel, Asahan, Labuhanbatu, Palas, Paluta, Humbahas, Simalungun, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Tapteng, Taput, Tapsel, Toba, Samosir juga akan mengalami hujan dengan intensitas ringan. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X