Kapolri Tanggapi Kasus Oknum Polisi: Kalau Tak Mampu Bersihkan Ekor, Kepalanya Saya Potong

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 10:40 WIB
Kapolri Listyo Sigit (Dok. Humas Polri)
Kapolri Listyo Sigit (Dok. Humas Polri)

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta segenap pimpinan kepolisian memberikan teladan untuk anak buahnya. Hal ini menyusul maraknya berbagai peristiwa negatif melibatkan oknum Polri.

Kapolri Sigit mengutip peribahasa, 'Ikan Busuk Mulai dari Kepala'. Artinya segala permasalahan internal di kepolisian terjadi karena pimpinannya bermasalah atau tidak mampu menjadi teladan bagi jajarannya.

Kapolri pun menegaskan dia tidak akan segan mengganti pimpinan Polri yang tidak bisa menjadi teladan untuk bawahannya.

"Ada pepatah, ikan busuk mulai dari kepala, kalau pimpinannya bermasalah maka bawahannya akan bermasalah juga. Pimpinan harus jadi teladan, sehingga bawahannya akan meneladani," kata Kapolri, Rabu (27/10/2021).

Mantan Kapolda Banten ini berkomitmen memberikan reward untuk personel yang menjalankan tugasnya dengan baik dan mengayomi masyarakat.

"Namun terhadap anggota yang melakukan kesalahan dan berdampak kepada organisasi maka jangan ragu melakukan tindakan. Kalau tak mampu membersihkan ekor maka kepalanya akan saya potong," tegasnya.

"Ini semua untuk kebaikan organisasi yang susah payah berjuang. Menjadi teladan, pelayan dan pahami setiap masalah dan suara masyarakat agar kita bisa ambil kebijakan yang sesuai," sambungnya.

Sigit juga meminta kepada seluruh personel Polri untuk siap menghadapi segala bentuk tantangan, baik dari dalam maupun luar negeri. Kepolisian harus mampu menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

"Jaga emosi, jangan terpancing. Emosi mudah meledak akan mengakibatkan perbuatan yang tidak terukur. Apalagi, diberikan kewenangan oleh undang undang maka tindakan tidak tersebut akan berpotensi menjadi masalah," ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X