Warga Nekat Takbiran Keliling, Polda Metro: Akan Kita Halau

- Jumat, 22 Mei 2020 | 11:50 WIB
Ilustrasi takbir keliling (ANTARA/Wahyu Putro)
Ilustrasi takbir keliling (ANTARA/Wahyu Putro)

Polda Metro Jaya kembali mengingatkan masyarakat untuk tidak berkerumun dan menaati aturan PSBB jelang lebaran. Termasuk juga takbiran keliling yang diimbau polisi agar tidak dilaksanakan tahun ini.

"Jangankan takbiran, salat Id aja ditiadakan, di rumah aja itu bukan lagi kultur. Kalau tetap ada yang takbiran kita akan halau mereka semua secara persuasif," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus saat dihubungi wartawan, Jumat (22/5/2020).

Yusri menegaskan, pihaknya tidak akan melakukan pembubaran paksa terhadap masyarakat yang nekat dan menggelar takbiran keliling. Pihaknya hanya akan memberikan edukasi dan meminta masyarakat untuk tidak berkumpul sesuai aturan PSBB yang berlaku.

"Jangan bubarin itu kasar banget. Kalau mereka tetap mau melaksanakan itu kan kita punya tiga pilar ini, babinsa, bhabinkamtibmas dan lain-lain nanti akan datang ke sana, secara persuasif, humas akan sampaikan sebaiknya jangan," ungkap Yusri.

Lebih jauh Yusri mengatakan, pihaknya tetap akan melakukan patroli pada malam H-1 Lebaran guna mencegah adanya masyarakat yang berkumpul dan menggelar takbiran keliling. Patroli itu akan dilakukan polisi bersama berbagai instansi terkait.

"Iya kita akan tetap patroli. PSBB kan tetep patroli juga, tim satgas juga patroli, Operasi Ketupat juga patroli juga sama itu," kata Yusri.

Polda Metro Jaya mengimbau seluruh masyarakat agar tetap mematuhi aturan PSBB meskipun Hari Raya Idul Fitri sudah tiba. Masyarakat saat ini dikatakan Yusri wajib mengikuti aturan PSBB yang berlaku dengan tujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

"Pertama ya tolong masyarakat mematuhi kebijakan pemerintah bahwa PSBB di Jakarta ini masih berlaku, tidak dikendorkan. Masyarakat sudah harus tahu batasan apa yang tidak boleh di PSBB," pungkas Yusri.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X