Dikritik Karena Islami, TVRI Langsung Ganti Ilustrasi Hari Anak Nasional

- Kamis, 23 Juli 2020 | 15:43 WIB
Ilustrasi Hari Anak Nasional 2020 yang diunggah oleh Televisi Republik Indonesia (TVRI). (Foto: Twitter/TVRI)
Ilustrasi Hari Anak Nasional 2020 yang diunggah oleh Televisi Republik Indonesia (TVRI). (Foto: Twitter/TVRI)

TVRI tak ingin berlama-lama menanggung hujatan netizen gara-gara mengunggah ilustrasi Hari Anak Nasional 2020 dengan gambar dua anak berpakaian Islami.

Hanya dalam hitungan jam, TVRI langsung mengganti ilustrasi mereka dengan gambar anak memakai pakaian khas Betawi.

Penggantian itu pun langsung ditanggapi oleh netizen yang mengikuti ramainya perbincangan itu sejak Kamis pagi (23/7/2020).

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by TVRI Nasional (@tvrinasional) on

"heheheh akhirnya setelah banyak yg protes posternya diganti ya??tolong sampaikan ke Dirutnya ya lain kali hati2 postimg sst.Ini Indonesia. Anak2 Indonesia itu beragam bukan cuma Muslim saja. Hati2 bersihkan semua karyawannua dari ideologi pengusung khilafah yg mau mengArabkn Indonesia.Kita bangsa yg majemuk.kita ini indah dengan keberagaman kita," komentar sebuah akun.

"Cie,, langsung upload yg versi baju daerah..," kata yang lain.

"Langsung berubah buat yg universal ya min.. Jangan yg hanya 1 golongan karena negara  kita bukan 1. Golongan saja..," kata akun lain.

Sebelumnya ilustrasi Hari Anak Nasional 2020 yang diunggah TVRI menuai kecaman netizen. Pasalnya, gambar dua anak dalam ilustrasi yang mereka bagikan di Twitter dan Instagram itu dianggap tidak mewakili penampilan anak Indonesia secara general.

-
Ilustrasi Hari Anak Nasional 2020 yang diunggah oleh Televisi Republik Indonesia (TVRI). (Foto: Twitter/TVRI)

Gambar seorang anak laki-laki dan anak perempuan pada ilustrasi itu terlihat Islami, sementara Indonesia memiliki keyakinan yang sangat jamak, sehingga ilustrasi itu dianggap tidak mencerminkan Bhinneka Tunggal Ika.

"kenapa harus pakai gambar seperti ini. atau TVRI sudah lupa sama bhinneka tunggal ika. banyak gambar keceriaan anak anak. gak harus kayak gini karena gak semua anak seperti apa yang ada di gambarmu. makanya TVRI gak ada yg nonton, program aja kayak gini," komentar akun @salaamitusalam.

"Kalau ini HARI ANAK MUSLIM NASIONAL 23. Hari Anak Nasional itu mewakili seluruh agama di Indonesia bukan satu agama saja. Jangan Paranoid dan Phobia dgn agama yg lain Min..," tulis akun @SalmaBrecht.

"Ini maksudnya yang tidak pakai kerudung dan kopiah bukan anak Indonesia gitu? Tidak boleh maju? Begitu dasar berpikirnya kah para direktur @TVRINasional? Nggak malu kalian?" tulis akun @shinesaja.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X