Viral Video Ustadz Abdul Somad Disambut Ribuan Jamaah Tak Bermasker, Ini Faktanya

- Senin, 4 Januari 2021 | 10:35 WIB
Ustadz Abdul Somad. (Instagram/@ustadzabdulsomad_official)
Ustadz Abdul Somad. (Instagram/@ustadzabdulsomad_official)

Baru-baru ini publik dibuat heboh dengan sebuah video yang memperlihatkan ribuan jamaah tidak mengenakan masker menyambut kedatangan Ustadz Abdul Somad (UAS). Video itu sendiri diunggah oleh akun Facebook dunia satri aswaja dan kemudian dibagikan ulang oleh akun Facebook bernama FfyamEnjoy.

Dunia santri aswaja memberi caption "Siaran ulang Ustaz Abdul Somad" pada captionnya. Namun, akun FfyamEnjoy justru menuliskan keterangan berbeda yang membuat publik heboh.

"YA ALLAH INI KAN BAHAYA ADA VIRUS COVID-19 KENAPA DIBIARKAN BAHAYA APA BAPAK PEMERIBTAHAN TIDAK TAU ISI CERAMAH UAS MENGHASUT MENGHUJAT, MENYEBARKAN VIRUS KEBENCIAN, KEPADA PENERINTAH YANG SAH. MANUSIA INI BAHAGA BISA MENGGANTIKAN RIZIEQ INI TIDAK BISA DIBIARKAN KENAPA BAPAK PEMERINTAHAN DIAM SAJA NEGARA LAGI MASALAH TAPI BEGINI KAPAN AKAN HILANG VIRUS DI NEGARA KITA," tulis akun tersebut.

-
Fakta soal ustadz Abdul Somad yang disambut jamaah tanpa masker. (turnbackhoax.id)

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, keterangan yang tertulis di akun tersebut ternyata tidak sesuai dengan video yang dibagikan. Faktanya, dilansir turnbackhoax.id, video tersebut direkam pada 8 Maret 2019 sebelum adanya pandemi.

Kerumunan para jamaah tersebut adalah momen menyambut kedatangan Ustadz Abdul Somad saat akan mengisi acara tablig akbar di Dayah Serambi Aceh.

Fakta tersebut berdasar pada video yang diunggah oleh akun YouTube FADHILLAH STUDIO yang berjudul "USTADZ ABDUL SOMAD DI SERAMBI ACEH 2019,+ RIBUAN JAMAAH_FULHD".

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X