Pekerja di Peternakan Unggas Rusia Terinfeksi Flu Burung Jenis H5N8

- Selasa, 23 Februari 2021 | 08:40 WIB
Ilustrasi virus (NIH/Handout via REUTERS)
Ilustrasi virus (NIH/Handout via REUTERS)

Pekerja di peternakan unggas telah terinfeksi flu burung, dan ini kasus pertama penularan virus tersebut kepada manusia.

Tujuh pekerja di sebuah pabrik unggas di selatan Rusia telah terinfeksi jenis H5N8 dalam wabah pada bulan Desember, Anna Popova, kepala pengawas kesehatan konsumen Rospotrebnadzor, mengatakan pada hari Sabtu (20/2), dikutip dari Mirror.

Ini adalah kasus pertama dari jenis virus flu burung bernama A (H5N8) yang ditularkan ke manusia dari unggas.

Rusia telah melaporkan masalah tersebut ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Wabah strain H5N8 telah dilaporkan di Rusia, Eropa, Cina, Timur Tengah dan Afrika Utara dalam beberapa bulan terakhir tetapi sejauh ini hanya pada unggas.

Rusia melaporkan kasus infeksi manusia ke WHO beberapa hari lalu, tepat saat kami benar-benar yakin dengan hasil kami, kata Popova di TV pemerintah 24 Rossi.

"Belum ada tanda-tanda penularan antar manusia," tambahnya.

"Situasi ini tidak berkembang lebih jauh," katanya.

Mayoritas infeksi flu burung pada manusia telah dikaitkan dengan kontak langsung dengan unggas hidup atau mati yang terinfeksi, meskipun makanan yang dimasak dengan benar dianggap aman.

Wabah flu burung sering kali membuat pabrik unggas membunuh unggasnya untuk mencegah penyebaran virus, dan menghindari negara pengimpor harus memberlakukan pembatasan perdagangan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X