Sosok Prada Ginanjar Arianda Prajurit TNI yang Gugur di Papua, Diberondong Tembakan KKB

- Senin, 15 Februari 2021 | 14:51 WIB
Prada Ginanjar Arianda saat menenteng senjata. (Ist)
Prada Ginanjar Arianda saat menenteng senjata. (Ist)

Seorang prajurit TNI bernama Prada Ginanjar Arianda dinyatakan telah gugur saat terjadi kontak tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di daerah Sugapa Intan Jaya Papua Senin (15/02/21), pagi tadi sekitar Pukul 08.00.

Prajurit itu meninggal dunia saat hendak dievakuasi dengan menggunakan Heli ke Timika namun nyawanya tak tertolong lagi, sehingga dinyatakan meninggal dunia saat evakuasi.

Korban meregang nyawa usai ditembak oleh KKSB mengenai pinggang tembus ke perut, tepatnya di Pos peninjauan di Kampung Mamba Distrik Sugapa, sekitar Pukul 08.23 WIT

Ketika dilakukan pembersihan oleh Tim, ditemukan 1 butir amunisi dan 1 kelongsong berukuran 5.56 mm. 

-
Prada Ginanjar Arianda yang gugur di Papua. (Ist)

 

"Pimpinan dan keluarga besar TNI mengucapkan bela sungkawa atas gugurnya putra terbaik TNI di medan tugas demi membela bangsa dan negara," kata Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Kapen Kogabwilhan III) Kolonel Czi IGN Suriastawa melalui keterangan tertulisnya kepada wartawan, Senin.

Prada Ginanjar Arianda (22) merupakan anggota Satgas Yonif R 400/BR, asal Yonif 406 Brigif 4 di bawah Kodam IV/Diponegoro.

Korban akan segera dimakamkan di kampung halamannya, Kota Banjar, Jawa Barat.

-
Prada Ginanjar Arianda yang gugur di Papua. (Ist)

 

Dua hari sebelumnya, seorang prajurit TNI dari Yonif 751/MTL terlibat baku tembak dengan KKB di Kabupaten Puncak, Papua. Akibatnya, prajurit tersebut mengalami luka karena terkena rekoset peluru.

"Memang benar dalam kontak senjata yang terjadi pada hari Sabtu (13/2) sore, Prada Maulana terkena rekoset peluru di bagian hidungnya," kata Dandrem 173/PVB Brigjen TNI Iwan Setiawan kepada Antara di Jayapura, Minggu (14/2).

Brigjen Iwan menyebutkan korban saat ini dalam kondisi stabil. Korban sudah kembali ke pos setelah mendapat penanganan paramedis di Puskesmas Ilaga.

Iwan Setiawan mengatakan kontak senjata terjadi saat anggota TNI/Polri pulang dari melihat kamp dan kendaraan yang dibakar KKB.

Beberapa rekan di media sosial ucapan duka mengalir terhadap kepergian Prada Ginanjar yang telah gugur. 

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X