Komentari Masalah Penggusuran Lahan di Pancoran, Iwan Fals: Walah Hari Gini

- Minggu, 21 Maret 2021 | 16:02 WIB
Penggusuran di Pancoran Jalan Buntu II. (Twitter/@nfljndllh)
Penggusuran di Pancoran Jalan Buntu II. (Twitter/@nfljndllh)

Musisi Iwan Fals turut mengomentari masalah penggusuran lahan di Jalan Pancoran Buntu II. Menurutnya, masalah tersebut harus diusut tuntas karena menimbulkan korban.

"Walah hari gini masih ada yg begini, usut tuntas," cuit Iwan Fals dengan meyertakan tangkapan layar berisi pemberitaan tentang kasus di Pancoran.

Iwan Fals heran karena sampai hari ini masalah penggusuran hingga mengakibatkan sejumlah warga terluka masih terjadi.

Sebelumnya, proses penggusuran yang dilakukan pada Rabu (17/3/2021) tersebut berakhir dengan terjadinya bentrokan. Buntut sengketa tanah antara warga dan pihak Pertamina tersebut membuat sejumlah orang terluka.

Namun, hingga saat ini Kapolres Jakarta Selatan belum mengamankan pelaku bentrokan di Pancoran.

Terkait kericuhan yang meluibatkan ormas Pemuda Pancasila tersebut, Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya memberikan reaksinya. Menurutnya, jika tujuannya adalah mengamankan aset, pertamina seharusnya melihat sisi keamanan masyarakat.

Pertamina dinilai telah memanfaatkan tenaga ormas dalam permasalahan sengketa tanah tersebut.

"Jika tujuannya pengamanan maka Pertamina harusnya merujuk pada Tupoksi Polri yang salah satunya adalah pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat," kata Kepala Perwakilan Ombudsman Jakarta Raya, Teguh P Nugroho, Sabtu (20/3/2021).

"Dan tidak mempergunakan tenaga ormas yang sama sekali tidak memiliki diskresi untuk melakukan tindak pengamanan apalagi dengan kekerasan," sambungnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X