Setelah 50 Tahun, Sandi Misterius Zodiac Killer Terpecahkan oleh 'Detektif Sukarelawan'

- Senin, 14 Desember 2020 | 16:30 WIB
Kode Zodiac Killer akhirnya terpecahkan. (Youtube/David Orachank).
Kode Zodiac Killer akhirnya terpecahkan. (Youtube/David Orachank).

Sekelompok tim pemecah kode sukarelawan telah memecahkan sandi misterius yang dikirim lebih dari 50 tahun lalu ke sebuah surat kabar San Francisco oleh pembunuh berantai yang menyebut dirinya Zodiac Killer

Kabar ini sempat diungkap oleh FBI melalui akun Twitter resminya pada akhir pekan lalu. Dalam pernyataannya, kode yang tidak bisa dipecahkan semenjak dikirim pada 1969 tahun lalu itu akhirnya dipecahkan oleh para pemecah kode yang terdiri dari warga sipil biasa, yang disebut Reuters sebagai 'volunteer sleuths' atau 'detektif sukarelawan.'

Zodiac Killer, yang sampai saat ini tidak pernah tertangkap, menembak atau menikam tujuh orang di San Francisco Bay Area selama sekitar tahun 1968 dan 1969, menewaskan semua kecuali dua dari mereka. Selama pembunuhannya, dia mengirim serangkaian surat berisi kode yang menakutkan ke surat kabar San Francisco Chronicle puluhan tahun silam.

Ini ada kode kedua yang dipecahkan setelah kode pertamanya terpecahkan pada 1969 lalu. Namun karena bisa dipecahkan, Zodiac merubah sandinya sehingga akhirnya tidak bisa terpecahkan selama puluhan tahun.

-
Kode Zodiac Killer akhirnya terpecahkan. (Youtube/David Orachank).

Baca Juga: Anggap Waktu Amat Berharga, Pria Ini Jadi Kolektor Jam Gereja Sampai Keliling Eropa

Beberapa catatan ada dalam kode, termasuk surat yang sangat kompleks dengan 340 karakter yang kemudian dikenal sebagai 340 sandi.

Tim 'detektif sukarelawan' pemecah kode tersebut terdiri dari tiga orang. Mereka adalah perancang web asal Amerika, David Oranchak, yang bekerjasama dengan matematikawan terapan asal Australia, Sam Blake; dan Jarl Van Eycke dari Belgia, seorang manajer gudang dan teknisi perangkat lunak pemecah kode yang memiliki hasrat untuk memecahkan kode tersebut. 

Melalui akun Youtube pribadinya, David Oranchak membuat beberapa video rangkaian metode yang ia dan teman-temannya dalam memecahkan sandi tersebut. Khususnya dalam video part 5, dimana ia berhasil memecahkan semua jawaban.

Dari pantauan Indozone, Oranchak memeriksa 340 karakter sandi tersebut yang ternyata dari tiga bagian. Ia memeriksa bagian pertamanya dengan memasukkan kode tersebut ke dalam mesin pemecah kode AZdecrypt yang dibuat oleh rekannya, Jarl Van Eycke.  

-
Kode Zodiac Killer akhirnya terpecahkan. (Youtube/David Orachank).

Oranchak juga menjelaskan bila Zodiac Killer membuat 'sesuatu yang berbeda' dari semua pesannya sebelum menaruhnya dalam simbol. 

"Hal itulah yang membuat kode tersebut tak terpecahkan selama beberapa tahun," ucap Oranchak dalam videonya.

Sehingga ia dan temannya mencoba beberapa eksperimen, seperti yang dikirimkan Sam Blake kepadanya berupa 615.000 manipulasi kode yang berbeda. Ia kemudian mencoba beberapa langkah menggunakan AZdecrypt sampai akhirnya keluar pesan yang terdiri dari pesan yang bersih untuk bagian pertama.

Merasa berhasil pada bagian pertama, mereka pun mencoba menggunakan kepada bagian kedua dan ketiga. Sayangnya metode pemecahan di bagian pertama gagal dilakukan di bagian kedua dan ketiga.

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X