Imbas Virus Corona, Menag Imbau Masyarakat Sahur dengan Makanan Berat

- Kamis, 23 April 2020 | 20:44 WIB
Ilustrasi orang santap sahur. (Pexels/mentatdgt)
Ilustrasi orang santap sahur. (Pexels/mentatdgt)

Menteri Agama RI, Fachrul Razi memberikan imbauan kepada seluruh umat Islam, yang besok akan melaksanakan ibadah puasa di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Dia mengimbau agar masyarakat menyantap makanan sahur dengan benar dalam arti kata memakan makanan berat.

"Ramadhan tahun ini hadir pada saat dunia dilanda pandemi Covid-19. Karenanya banyak hal perlu kita sesuaikan agar nilai-nilai ibadah kita tidak terkurang dan penyebaran Covid-19 dapat kita eliminasi," kata Fachrul Razi dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (23/4/2020).

Dia mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga kesehatannya di bulan puasa ini. Fachrul mengingatkan masyarakat perihal makanan sahur yang dikonsumsi.

-
Beberapa bahan makanan yang menyehatkan. (Pexels/Ready Made)

"Saya sarankan dengan hormat agar kebiasan sahur dengan air putih atau dengan makanan kecil saja agar puasa tahun ini diganti dengan makanan yang dapat menjaga daya tahan tubuh," papar Fachrul.

Lebih jauh Fachrul mengatakan tujuan mengonsumsi makanan berat agar daya tahan tubuh terjaga selama menjalani puasa di tengah wabah virus corona ini.

"Dalam situasi ini ibadah puasa harus ditekuni sebaik-baiknya, menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh," kata Fachrul.

Selain itu, dia juga mengingatkan agar masyarakat tetap beraktivitas di dalam rumah. Tidak melakukan ziarah ke tempat pemakaman dan tidak melakukan mudik di tahun ini.

"Kita juga dianjurkan dilarang pemerintah untuk mudik karena berpeluang menyebarkan virus. Tanpa kita sadari kita dari kota dan disebarkan ke kampung," pungkas Fachrul.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X