5 Tradisi Unik Menyambut Ajaran Baru di Berbagai Negara

- Kamis, 11 Juli 2019 | 10:13 WIB
pexels.com
pexels.com

Sebentar lagi memasuki tahun ajaran baru, ada beberapa hal dipersiapkan orangtua yang sepertinya sudah menjadi tradisi di indonesia. Seperti membeli tas, sepatu, seragam dan perlengkapan sekolah lainnya.

Tidak hanya di Indonesia, ternyata tradisi menyambut tahun ajaran baru juga ada lho di negara-negara lain.

Berikut INDOZONE bahas 5 Tradisi Unik Menyambut Ajaran Baru di Berbagai Negara:

Jepang

Ajaran baru di Jepang menjadi sebuah perayaan. Mereka memulai saat bulan April atau ketika bunga Sakura sedang mekar di negeri itu. 

-
pexels.com

 

Para orang tua dan anak akan disambut dengan seremoni di pintu masuk sekolah dengan potong pita atau yang disebut dengan nyugakushiki.

Para siswa baru ini biasanya juga akan menerima ransel, meja belajar hingga ruangan belajar khusus di rumahnya dari orangtua mereka.

Finlandia

Negara Finlandia memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia saat ini. Sekolah negeri atau swasta dibiayai penuh oleh pemerintah.

-
pexels.com

 

Sekolah di Finlandia tidak memwajibkan guru dan murid memakai pakaian seragam. Mereka dibebaskan untuk berpakaian ke sekolah asal tetap rapi dan bermoral.

Rusia

Tradisi ajaran baru di Rusia diawali dengan penyambutan khusus untuk para murid baru beserta orang tua. Karena bagi warga Finlandia, sekolah merupakan sesuatu yang sangat meriah.

-
pexels.com

 

Selanjutnya ada 'bel pertama' dimana salah satu siswi akan digendong di pundak siswa senior. Kemudian mereka akan memutari halaman sekolah sambil membunyikan lonceng sekolah menandakan sekolah dimulai.

Jerman

Tradisi di sekolah Jerman, siswa baru yang memasuki jenjang sekolah dasar akan menerima tas berbentuk kerucut yang berisi permen, hadiah dan perlengkapan sekolah.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X