Waspada Burnout, Sindrom Karena Stres Kerja

- Kamis, 5 September 2019 | 14:59 WIB
Ilustrasi/modernhealthz
Ilustrasi/modernhealthz

Burnout merupakan perasaan lelah secara fisik, emosi, dan mental yang disebabkan karena pekerjaan. Beberapa waktu lalu, World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa burnout merupakan sebuah sindrom.

WHO juga mengungkapkan bahwa burnout telah masuk dalam revisi ke-11 dari klasifikasi penyakit internasional sebagai fenomena pekerjaan. Sindrom ini disebabkan karena stres berat pada pekerjaan yang dijalani.

Saat ini, banyak millenial yang merasa tertekan dalam mengejar karier. Gaji sedikit meskipun berpendidikan tinggi juga tak jarang membuat banyak orang yang mengalami stres, baik itu secara mental maupun secara fisik.

Lalu, apa tanda-tanda dari burnout? Burnout bisa membuat seseorang insomnia, cemas, susah konsentrasi dan sistem imun melemah. Bahkan, burnout bisa menyebabkan seseorang sampai mengalami depresi.

Hampir semua orang yang bekerja tentu pernah mengalami burnout. Untuk mengatasi burnout, kamu bisa memperbaikinya dengan cara memperbaiki pola tidur, olahraga, dan memanjakan diri. Kamu juga disarankan untuk mencari ketenangan.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X