Dinda Shafay Dihujat karena Bikin Diffuser Dettol, Apa Bahayanya?

- Selasa, 14 April 2020 | 11:08 WIB
Selebgram Dinda Shafay (Instagram/@dindasafay)
Selebgram Dinda Shafay (Instagram/@dindasafay)

Selebgram Dinda Shafay kembali menjadi pembicaraan netizen. Sebelumnya dia pernah dihujat karena dianggap membuat konten menyesatkan soal penanganan virus corona.

Dinda Shafay pernah membuat konten hand sanitizer DIY, penggunaan sarung tangan saat berbelanja, dan juga tutorial menahan napas selama 10 detik untuk mengetahui apakah terinfeksi virus corona atau tidak.

Konten-konten tersebut dianggap salah karena tidak memiliki klaim terpercaya dan justru bertentangan dengan anjuran WHO.

Kali ini, Dinda Shafay kembali mendapatkan kritikan pedas karena membuat konten mencampur dettol dengan air sebagai diffuser.

Diffuser adalah alat yang biasanya digunakan untuk mengolah essential oil yang dicampur dengan air, untuk menghasilkan uap halus.

Uap ini kemudian disebarkan ke ruangan untuk memberi efek menenangkan. Dinda Safay mengklaim efek diffuser dari dettol dan air akan menjadi "anti-coronavirus".

Namun, netizen justru beramai-ramai membantah klaim tersebut. Akun Twitter @aan__ misalnya, menyebut bahwa kandungan Chloroxylenol pada Dettol justru bisa mengiritasi mukosa saluran pernafasan jika dihirup.

Sebelumnya, informasi mengenai antiseptik Dettol dapat melawan virus corona atau Covid-19 juga sempat beredar di media sosial.

Unggahan tersebut menampilkan informasi di bagian belakang kemasan Dettol yang menyatakan bahwa Dettol bisa membasmi "Human Coronavirus".

Halaman:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X