RS Pertamina Siap Layani Tes Swab dan PCR Secara Efisien

- Rabu, 6 Mei 2020 | 20:59 WIB
Ilustrasi petugas RS Pertamina layani drive thru swab test kepada masyarakat. (Dok.Pertamina)
Ilustrasi petugas RS Pertamina layani drive thru swab test kepada masyarakat. (Dok.Pertamina)

PT Pertamina (Persero) sejak awal telah aktif menjadi bagian dalam perang melawan Covid-19 di Indonesia. Setelah berbagai program dilakukan mulai dari memastikan pasokan bahan bakar, kini melalui Rumah Sakit Pertamina mereka ikut mendeteksi pasien Covid-19 dengan alat tes PCR (Polymerase Chain Reaction).

Rumah Sakit Pertamina Jaya sebagai salah satu rujukan untuk penanganan pasien Pandemi telah didukung oleh laboratorium canggih sehingga bisa melakukan tes PCR hingga 1.400 sampel setiap harinya.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan, penyediaan lab canggih disertai peralatan tes yang mutakhir sejalan dengan posisi RS Pertamina Jaya sebagai rumah sakit rujukan Covid-19 yang ikut menjadi salah satu Rumah Sakit yang diandalkan dalam perang melawan Covid-19

“Dukungan peralatan yang memadai di RS Pertamina Jaya diharapkan bisa mendukung upaya Pemerintah melakukan rapid test secara cepat dan akurat sehingga bisa memetakan dan mencegah penyebaran Covid-19,” kata Fajriyah di Jakarta, Rabu (6/5/2020)
 

Fajriyah menambahkan, berbagai peralatan tes PCR yang tersedia di lab RS Pertamina Jaya antara lain Verecrop dan LightCycler 480 serta alat ekstraksi Magna Pure 98 dan Cobas 6800 yang bekerja secara semi otomatis. Alat ini mampu mendeteksi sampel secara cepat dan akurat dengan kapasitas per harinya bisa mencapai 1.400 sampel.
 
Saat ini RS Pertamina Jaya juga memiliki fasilitas drive thru swab test untuk masyarakat umum di halaman parkir RSPJ. Direktur Keuangan Pertamedika IHC, Catur Dermawan menjelaskan kegiatan drive thru swab test ini dilakukan dari hari Senin sampai Jumat pukul 09.00 hingga pukul 14.00 WIB.

Saat pemeriksanaan swab test, pasien tetap di dalam mobil dan petugas kesehatan akan melakukan mengecekan dari luar kendaraan. Pendaftaran dan penjadwalan dilakukan secara online melalui nomor whatsapp 082111365121.

Menurut Catur,  biaya yang ditetapkan untuk tes mandiri tersebut cukup kompetitif dengan RS lainnya. Ketika dibuka hari pertama swab test pada 4 Mei 2020, tercatat sudah ada 33 orang yang telah menjalankan tes mandiri tersebut.

“Dengan teknologi Laboratorium yang canggih, RSPJ menyiapkan swab test untuk masyarakat umum yang ingin memeriksakan secara mandiri dan hasilnya dapat diketahui pada H+1 yang disampaikan melalui WA atau email,” jelas Catur.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X