Pasien Positif Corona: Pemberitaan Media Lebih Menyakitkan dari Sakit

- Rabu, 4 Maret 2020 | 10:29 WIB
Anis Hidayah (MIGRANT CARE)
Anis Hidayah (MIGRANT CARE)

Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa ada dua warga negara Indonesia yang terinfeksi virus corona. Keduanya merupakan seorang ibu berusia 64 tahun dan anaknya 31 tahun. 

Keduanya kini tengah menjalani perawatan di RSPI Sulianti Saroso Jakarta Utara di dalam ruang isolasi. Namun di balik itu, terungkap sejumlah fakta, salah satunya kondisi dua pasien itu yang tertekan kala penyakitnya diumumkan langsung oleh Presiden Jokowi dan ramai diberitakan media massa nasional.

Ketua RT 07 RW 10 Perum Studio Alam, Teguh Prawiro, sempat menghubungi warganya yang terinfeksi pasien corona tersebut melalui sambungan telpon. Teguh merupakan suami dari Anies Hidayah yang merupakan Ketua Pusat Studi dan Kajian Migrasi Migrant Care.
Kepada Teguh, pasien mengungkapkan curahan hatinya yang mengaku kaget dengan pemberitaan dirinya dan sang anak yang sangat masif di media massa.

"Beliau bilang, pemberitaan yang beredar di media jauh lebih menyakitkan daripada sakit yang sedang beliau alami," tulis Anis Hidayah dalam status Facebooknya yang sudah dibagikan 2.000 kali oleh pengguna Facebook.

Menurut Anis, dari suara pasien yang didengar di ujung telpon, kondisinya mulai membaik dan menurut pengakuan pasien sudah mendapat penanganan yang memadai dan diisolasi di RSPI Sulianti Saroso.

Anis mengaku marah saat melihat data pribadi pasien yang tiba-tiba ramai di berbagai grup Whatsapp. Akibatnya, warga di perumahan tempat tinggalnya pun panik mendengar tetangga mereka terinfeksi virus corona. Anis sebagai ibu RT pun berusaha menenangkan warga di lingkungan tempat tinggalnya agar tidak panik.

"Di WAG perumahan kami tetiba gaduh, panik menanyakan kebenarannya. Saya linglung sesaat, pikiran langsung tertuju pada ibu dan anak yang baru saja diumumkan Presiden," tutur Anis. 

Lebih lanjut Anies mengatakan bahwa dua pasien corona merupakan tetangga dekatnya. 

"Teman diskusi, teman ngobrol, teman bertanam organik yang sudah seperti keluarga dan sahabat. Sedih banget, pingin marah, tapi kepada siapa?," kata Anis.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X