5 Wilayah Papua Jadi Target Operasi Damai Cartenz, Ini Alasannya

- Kamis, 20 Januari 2022 | 12:33 WIB
Ilustrasi Polisi mengikuti apel pasukan. (ANTARA/Didik Suhartono)
Ilustrasi Polisi mengikuti apel pasukan. (ANTARA/Didik Suhartono)

Polri menggelar Operasi Damai Cartenz 2022 dengan sasaran lima wilayah di tanah Papua. Lima wilayah tersebut dipilih dengan sejumlah alasan.

"Wilayah Operasi Damai Cartenz di lima Polres. Wilayahnya, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Yahukimo, Nduga, Kabupaten Intan Jaya, dan Kabupaten Puncak Ilaga," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Kamis (20/1/2022).

Ramadhan menyebut lima wilayah tersebut merupakan lokasi adanya Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Lima wilayah tersebut juga kerap terjadi aksi kekerasan yang dilakukan oleh KKB.

Selain itu, kelima wilayah tersebut dipilih karena KKB berada disana. Jika nantinya KKB kembali berulah, Satgas Gakkum Operasi Damai Cartenz akan melakukan penindakan hukum.

"Kenapa? bila terjadi kriminalitas atau gangguan keamanan yang dilakukan oleh KKB, maka Satgas Gakkum ini akan turun untuk melakukan Gakkum. Namun, yang dikedepankan adalah pola-pola persuasif dan preemtif," beber Ramadhan.

Sekedar informasi, Satgas Nemangkawi yang biasa mengurus Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua sudah berakhir masa tugasnya. Mabes Polri sendiri menganti Satgas Nemangkawi menjadi Operasi Damai Cartenz.

Pola kerja Operasi Damai Cartenz sendiri tidak seperti Satgas Nemangkawi. Operasi Damai Cartenz akan lebih mengutamakan tindakan persuasif, preemtif namun tetap ada penindakan hukum.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X