Putin Telepon Presiden Palestina Usai Israel Serang Masjid Al Aqsa

- Selasa, 19 April 2022 | 14:36 WIB
Russian President Vladimir Putin bertemu Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Sochi, Russia. (Sputnik Evgeny/Biyatov/Kremlin via REUTERS)
Russian President Vladimir Putin bertemu Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Sochi, Russia. (Sputnik Evgeny/Biyatov/Kremlin via REUTERS)

Presiden Rusia Vladimir Putin menelepon Presiden Palestina Mahmoud Abbas, pada Senin (19/4/2022), setelah pasukan Israel melakukan serangan ke Masjid Al Aqsa.

Keduanya membahas situasi Yerusalem Timur yang mengalami ketegangan karena bentrokan antara pasukan keamanan Israel dengan warga Palestina.

Kantor pemerintah Rusia mengatakan Putin juga membahas negosiasi damai antara Rusia dan Ukraina.

“Mereka juga berbicara tentang masalah penyelesaian Timur Tengah dalam konteks meningkatnya ketegangan di Tepi Barat dan Yerusalem Timur,” demikian pernyataan Kremlin mengutip Reuters, Selasa (19/4/2022).

Baca juga: Jason Momoa akan Membintangi Film Minecraft Live Action dari Warner Bros

Pada Jumat (15/4/2022), sedikitnya 152 warga Palestina terluka dalam bentrokan dengan polisi anti huru-hara Israel di dalam kompleks masjid Al-Aqsa.

Peristiwa itu merupakan bentrokan terbaru dalam peningkatan kekerasan yang telah menimbulkan kekhawatiran bahwa Israel dan Palestina akan kembali ke konflik yang lebih luas.

Sebagian besar warga Palestina yang cedera disebabkan oleh peluru karet, granat kejut dan pemukulan dengan tongkat polisi, kata Bulan Sabit Merah Palestina.

Kompleks Al-Aqsa berada di atas dataran tinggi Kota Tua Yerusalem Timur, yang direbut oleh Israel dalam perang Timur Tengah 1967, dan dikenal oleh umat Islam sebagai al-Haram al-Sharif atau Tempat Suci. Sementara orang Yahudi menyebutnya Bukit Bait Suci (Temple Mount).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X