Ribuan Karyawan di Korea Selatan Pakai Kostum 'Squid Game' dan Gelar Demonstrasi Nasional

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 18:33 WIB
Ribuan pekerja di Korea Selatan melakukan demonstrasi. (Photo/Reuters)
Ribuan pekerja di Korea Selatan melakukan demonstrasi. (Photo/Reuters)

Ribuan pekerja di Korea Selatan mengenakan kostum yang terinspirasi oleh Netflix, Squid Game dan kemudian berunjuk rasa di jalan-jalan untuk memprotes lebih banyak pekerjaan dan kondisi kerja yang lebih baik.

Dilansir dari CBS News, Jumat (22/10/2021), dalam jumlah besar, para pekerja tersebut menggelar demonstrasi nasional di Seoul dan di tempat lain. Uniknya, ratusan orang mengenakan kostum Squid Game dan topeng yang ada di serial tersebut.

Di sisi lain, Konfederasi Serikat Buruh Korea (KCTU) mengatakan sekitar 80.000 anggota bergabung dalam aksi unjuk rasa di 13 kota, yang menyebabkan kemacetan dan gangguan lalu lintas yang parah. Demonstrasi datang meskipun pemerintah berulang kali memperingatkan bahwa unjuk rasa itu ilegal dan melanggar pembatasan COVID-19.

-
(Photo/Reuters)

Baca juga: Taliban Memenggal Kepala Atlet Voli Cantik Ini dan Unggah Fotonya Sebagai Peringatan

Banyak sekolah terkena dampak karena pekerja kantin menutup tempat makan mereka. Sekitar 1.000 pekerja pengantar paket juga mematikan aplikasi telepon mereka untuk bergabung dalam pemogokan massal.

Pekerja tidak tetap tidak menerima tunjangan penuh di bawah undang-undang perburuhan Korea Selatan. Mereka termasuk pekerja sementara dan pekerja kontrak.

Korean Confederation of Trade Unions (KCTU) atau Konfederasi Serikat Buruh Korea menyerukan hak bagi semua pekerja untuk membentuk serikat pekerja; agar pemerintah mengambil tanggung jawab lebih besar untuk memastikan keamanan kerja seiring transisi ekonomi negara dari industri ke jasa; dan untuk penguatan jaringan transportasi umum, perawatan kesehatan, perumahan dan pendidikan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X