Puluhan Pengungsi Rohingya di Aceh Dipindahkan ke Medan, Jalani Isolasi 14 Hari

- Kamis, 10 Juni 2021 | 18:43 WIB
Personel TNI mengawal relokasi Imigran Rohingya asal Myanmar (ANTARA FOTO/Hayaturrahmah)
Personel TNI mengawal relokasi Imigran Rohingya asal Myanmar (ANTARA FOTO/Hayaturrahmah)

Sebanyak 81 pengungsi Rohingya yang tiba di Kota Medan langsung menjalani isolasi selama 14 hari ke depan di tempat penampungan yang berada di Jalan Jamin Ginting, Medan, Kamis (10/6/2021).

Pengungsi Rohingya asal Myanmar itu sebelumnya dibawa dari Aceh Timur, Aceh, ke Kota Medan.

"Ini kita isolasi mereka selama dua pekan sebagai persyaratan yang ditentukan Pemerintah Kota Medan," kata Programme Coordinator International Organization for Migration (IOM), Sonya Syafitri, seperti dilansir Antara, Kamis (10/6/2021).

Sonya mengatakan pemindahan tersebut merupakan rekomendasi rapat antara Satgas Penanganan Pengungsi Luar Negeri (PPLN) pusat, Pemkot Medan dan Pemkot Aceh Timur.
 
Setelah keputusan itu, IOM bersama pihak terkait lainnya bekerja cepat melaksanakan tes kesehatan sebelum diberangkatkan dari Aceh Timur ke Medan.

"Kita juga melakukan tes antigen untuk mereka," katanya.

Selanjutnya, pihak UNHCR akan meregistrasi dan memasukkan mereka dalam daftar pengungsi luar negeri berbangsa Myanmar etnis Rohingya. Setelah itu, mereka akan dipindahkan ke tempat yang telah disediakan untuk para pengungsi.

"Mereka akan menerima fasilitas kesehatan dan beberapa pendidikan nonformal, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa dan juga beberapa pelatihan keterampilan. Nantinya, setiap bulan mereka akan mendapat bantuan biaya hidup di sini," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X