Beda dengan Cafe, Bioskop Dianggap Aman karena Tak Saling Ngobrol Saat Menonton

- Rabu, 26 Agustus 2020 | 11:19 WIB
Ilustrasi bioskop dianggap aman. (INDOZONE/M. Fadli).
Ilustrasi bioskop dianggap aman. (INDOZONE/M. Fadli).

Gubernur DKI Jakarta anies Baswedan akan membuka Bioskop dalam waktu dekat dengan menjalankan protokol kesehatan dan pengawasan yang ketat sehingga masyarakat tetap aman dalam melakukan kegiatan hiburan tersebut.

Anies membandingkan kegiatan bioskop cenderung lebih aman karena berbeda dengan cafe atau restoran dimana, pengunjung satu sama lain kerap membuka masker dan ngobrol. Hal ini tidak terjadi di Bioskop.

"Dari berbagai kajian disampaikan bahwa, ada beberapa keunikan di dalam kegiatan bioskop ini. Para penonton tidak saling bicara. Ini berbeda dengan di restoran, di cafe, dimana satu sama lain saling ngobrol. Kalau di bioskop justru semua diam. Percakapan itu, biasanya antara orang yang kenal. Jarang ada percakapan dengan orang yang tidak kenal," kata Anies di Jakarta, Rabu (26/8/2020).

Tak hanya itu, bila mereka melakukan interaksi dengan berbicara pun, itu dilakukan dengan posisi satu arah tidak berhadap-hadapan sehingga lebih aman. 

"Posisi dalam bioskop pun satu arah. Semua bicara pada arah yang sama bukan interaksi berhadapan. Jadi ada neture yang agak unik," tuturnya.

Selain itu, pengunjung bioskop bisa dikendalikan karena memiliki kursi sehingga jumlah pengunjung bisa diatur untuk mengikuti protokol kesehatan dan fasilitas sirkulasi udaranya pun bisa diatur.

"Bioskop agak berbeda dengan kegiatan pengumpulan lain, karena orang ada kursi sehingga performing art atau Theater seperti bioskop ada kursi dan disitu bisa dilakukan pengendalian, orang duduk di mana. Siapa duduk di mana, kemudian bisa diatur sirkulasi udara dengan fasilitas yang sesuai dengan protokol kesehatan," tuturnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X