Kebiasaan di 10 Negara Ini Berubah Drastis Sejak Corona Menyerang

- Rabu, 4 Maret 2020 | 14:36 WIB
Kiri: Pasangan yang memakai masker untuk cegah corona. (REUTERS/Thomas Peter). Kanan: Ilustrasi pasangan yang melakukan ciuman pipi (pexels/Thaís Silva)
Kiri: Pasangan yang memakai masker untuk cegah corona. (REUTERS/Thomas Peter). Kanan: Ilustrasi pasangan yang melakukan ciuman pipi (pexels/Thaís Silva)

Awal tahun 2020, masyarakat di berbagai negara dihebohkan dengan merebaknya virus corona yang berasal dari Wuhan, Tiongkok.

Virus yang sudah ada sejak bulan Desember 2019 ini, menyebar dengan sangat cepat hingga menyebabkan ribuan jiwa meninggal dunia.

Serangan virus corona yang terbilang sangat instan ini, tak hanya menyebabkan ribuan nyawa melayang, tapi juga mengubah sejumlah kebiasaan di berbagai negara.

Sebut saja tradisi cium pipi yang biasa dilakukan oleh warga Italia. Sejak merebaknya virus corona, para warga diminta untuk tak melakukan tradisi ini.

Selain Italia, ada sejumlah negara yang mengalami perubahan kebiasaan sejak virus corona mewabah. Negara mana saja? Berikut informasinya.

1. Tiongkok

-
Ilustrasi orang melakukan salam gong shou. (Amina)

Di negara yang menjadi sumber penyebaran virus corona ini, pemerintah melarang masyarakatnya untuk tidak berjabatan tangan.

Mereka hanya diperbolehkan untuk memegang tangan sendiri sebagai tanda menyapa.

Dengan menggunakan alat pengeras suara, pemerintah meminta masyarakat untuk melakukan gestur gong shou, yakni meninju telapak tangan yang berlawanan untuk menyapa orang lain.

2. Jerman

-
Horst saat menolak ajakan jabat tangan Angela. (Fox News)

Di Jerman, Menteri Dalam Negeri Jerman, Horst Seehofer pernah menolak ajakan jabat tangan dari kanselir Angela Merkel.

Horst malah melemparkan senyum pada Angela dan menjabat tangannya sendiri.

Melihat sikap Horst, Angela langsung tertawa. Cara ini dilakukan Horst untuk meminimalisir penyebaran virus corona.

3. Prancis

-
Ilustrasi orang mencium pipi. (pexels/Alexy Almond)

Sejak mewabahnya virus corona, masyarakat di Prancis diminta untuk tak melakukan ciuman di pipi. Padahal, ciuman pipi adalah bentuk sapaan.

Ahli etika Prancis, Philippe Lichtfus mengungkapkan, untuk mengganti bentuk sapaan ini, masyarakat bisa menatap mata lawan bicara.

4.  Spanyol

-
Ilustrasi patung Bunda Maria. (Wikimedia Commons)

Di Spanyol, masyarakatnya diminta untuk tidak melakukan tradisi berupa mencium patung Bunda Maria sebulan menjelang Paskah.

Halaman:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X