Kisah Sedih Anak India yang Harus Naik Kereta Untuk Dapat Air Bersih

- Jumat, 27 September 2019 | 10:04 WIB
REUTERS/Francis Mascarenhas
REUTERS/Francis Mascarenhas

Suhu ekstrem yang melanda sejumlah kawasan di India membuat warganya kesulitan untuk mendapatkan air bersih karena kekeringan. Gelombang panas yang terjadi di sejumlah wilayah membuat suhu semakin meningkat hingga mencapai 51 derajat celcius.

-
REUTERS/Francis Mascarenhas

 

Untuk mendapatkan air bersih warga bahkan anak-anak di India harus melewati perjalanan yang cukup panjang, bahkan sampai naik kereta untuk mendapatkan air bersih. Seperti anak-anak yang berasal dari Siddaharth Dhage.

-
REUTERS/Francis Mascarenhas

 

Anak-anak di Siddaharth Dhage harus melakukan perjalanan sejauh 14 km dengan menggunakan kereta untuk mendapatkan air bersih.

Di wilayah Mukundwadi, India banyak keluarga kurang mampu dan harus bertahan hidup di lingkungan yang menyedihkan. Negara India sendiri sebenarnya sering terjadi badai hujan bahkan hingga banjir, namun di wilayah Mukundwadi tingkat curah hujannya cukup rendah yaitu di bawah angka 14%.

-
REUTERS/Francis Mascarenhas

 

Karena kurangnya air bersih untuk diminum dan dimasak, anak-anak di bawah umur 10 tahun harus naik kereta untuk mengambil air bersih. Hal ini mereka lakukan setiap hari.

"Ini merupakan rutinitas sehari-hari saya. Setelah pulang dari sekolah, saya tidak memiliki waktu untuk bermain. Saya harus mencari air bersih dulu," tutur seorang bocah bernama Garud (9).

-
REUTERS/Francis Mascarenhas

 

Garud tidak sendirian, karena ada 100 lebih keluarga yang tinggal di wilayah ini dan tidak memiliki akses air bersih. Penyedia air bersih, mematok harga sebesar 3000 rupees atau sekitar Rp597.575 untuk setiap 5000 liter air di musim panas. Harga ini dianggap sangat mahal bagi keluarga yang kurang mampu.

-
REUTERS/Francis Mascarenhas

 

Sehingga jalan satu-satunya untuk mendapatkan air bersih, ialah dengan anak-anak yang harus pergi ke kota terdekat yaitu Aurangabad, dengan naik kereta. Sebelum pergi, mereka akan membawa wadah besar berupa galon dan tempat susu untuk menampung air.

-
REUTERS/Francis Mascarenhas

 

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X