KPK Tangkap Mantan Panglima GAM, Buronan Kasus Korupsi Dermaga Sabang

- Selasa, 24 Januari 2023 | 19:11 WIB
Gedung KPK. (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin).
Gedung KPK. (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin).

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berhasil menangkap buronan bernama Izil Azhar, hari ini Selasa (24/1/2023). Penangkapan terhadap Izil Azhar berkat kerjasama dengan Polda Aceh

Diketahui, Izil masuk ke dalam daftar pencarian orang (DPO) terkait  kasus dugaan gratifikasi proyek pembangunan Dermaga Bongkar pada Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang tahun anggaran 2006-2011.

“Benar, Selasa  (24/1) dengan bantuan tim dr Polda NAD, tim berhasil menemukan DPO KPK an.Izil Azhar,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Selasa (24/1/2023).

Baca Juga: KPK Pastikan Video Penangkapan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Hoaks

Izil Azhar merupakan orang kepercayaan mantan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf. Dia telah menjadi buronan lembaga antirasuah sejak November 2018.

"Sebelumnya koordinasi antara tim KPK dan Polda Banda NAD sudah dilakukan sejak Desember 2022. KPK apresiasi jajaran Polda NAD yang telah membantu KPK dalam pencarian dan penangkapan DPO KPK dimaksud," ungkap Ali. 

Baca Juga: KPK Usut Dugaan Korupsi Pengadaan Kapal Angkut Tank di Kemenhan, Sudah Ada Tersangka!

Ali mengatakan, Izil Azhar akan langsung dibawa ke Gedung Merah Putih KPK. Dia bakal diperiksa intensif oleh tim penyidik. 

"Berikutnya DPO segera akan dibawa ke Jakarta untuk proses lebih lanjut," kata Ali. 

Sebagai informasi, Irwandi Yusuf selaku Gubernur Aceh 2007-2012 dan orang kepercayaannya Izil Azhar diduga menerima gratifikasi sekitar Rp 32,45 miliar terkait proyek pembangunan Dermaga Bongkar pada Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang tahun anggaran 2006-2011.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X