Hujan Lebat Diperkirakan Terjadi di Beberapa Provinsi

- Kamis, 2 September 2021 | 09:00 WIB
Ilustrasi petir. (Pexels/Tanya Gorelova)
Ilustrasi petir. (Pexels/Tanya Gorelova)

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini hujan lebat disertai angin kencang dan kilat berpotensi terjadi di beberapa provinsi seperti di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Dilansir dari Antara, Kamis (2/9/2021), prakiraan hujan lebat disertai angin dan petir berpotensi terjadi Kepulauan Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung dan Lampung.

Provinsi lain yang berpotensi mengalami hal serupa adalah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Sementara hujan dengan intensitas lebih ringan dapat terjadi di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi dan Kalimantan Selatan. BMKG juga memprakirakan potensi angin kencang dapat terjadi di wilayah di Aceh, Bali dan Nusa Tenggara Timur.

Selain itu, BMKG memperingatkan beberapa daerah masuk dalam kategori waspada banjir pada hari ini seperti Bengkulu, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Wilayah lain yang masuk kategori waspada banjir yaitu Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Potensi hujan di beberapa wilayah itu disebabkan adanya faktor sirkulasi siklonik yang membentuk daerah pertemuan kecepatan angin atau konvergensi di beberapa titik seperti memanjang di Aceh dan perairan barat Lampung dan di Jawa Tengah.

BACA JUGA: Menkeu Klaim Ekonomi Indonesia Telah Pulih: Malaysia & Singapura Belum

Situasi yang sama terpantau juga di perairan selatan Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Tengah, dari Sulawesi Tenggara hingga Selat Makassar, di perairan selatan NTT, di Maluku, di Papua Barat dan Papua.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X