Kementan Gelar Pasar Murah Stabilkan Harga di Medan, Gubernur Sumut Sambut Baik

- Sabtu, 30 April 2022 | 18:21 WIB
Dirjen PSP Kementan Ali Jamil bersama Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Wali Kota Medan Bobby Nasution tinjau Pasar Mitra Tani di Medan. (Foto/Indozone.id)
Dirjen PSP Kementan Ali Jamil bersama Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Wali Kota Medan Bobby Nasution tinjau Pasar Mitra Tani di Medan. (Foto/Indozone.id)

Kementerian Pertanian Republik Indonesia berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Pemerintah Kota Medan kepala daerah se Sumut terus berupaya memudahkan masyarakat untuk mendapatkan bahan pokok dengan harga yang terjangkau. 

Hal itu dilakukan dengan melibatkan para distributor bahan pokok yang ada di Sumut melalui Pasar Mitra Tani yang digelar, Sabtu (30/4/2022) di Lapangan Bola Sejati Pratama, Jalan AH Nasution, Medan di mana harga bahan pokok yang dijual dengan sangat terjangkau.

Bahkan, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi juga menentukan harga yang sudah diturunkan oleh para distributor. 

Edy mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai bukti kehadiran pemerintah dalam menyikapi 12 bahan pokok bagi masyarakat. 

"Ini tidak ada urusannya dengan kegiatan-kegiatan lain. Kegiatanya adalah yang berurusan dengan kemanusiaan. Kehadiran pemerintah dalam menyikapi ketersediaan 12 bahan pokok khususnya di bulan ini. salah satunya kegiatan ini yang sifatnya real untuk menstabilkan harga," jelas Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

Diungkapkan Edy, saat ini harga bahan pokok di Sumatera Utara masih terkendali dan tersedia untuk beberapa bulan kedepan. 

"Untuk Sumut harga masih terkendali, barang-barangnya tersedia untuk tiga bulan kedepan. Barang cukup, harga stabil, kenapa dilakukan seperti ini, karena kehadiran pemerintah mendekati hari raya, karena banyak nya rakyat kita sulit untuk menjangkau itu," paparnya.

Wai Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution yang ikut hadir berharap, Pasar Mitra Tani ini bermanfaat untuk masyarakat dalam mendapatkan bahan pokok dengan harga yang terjangkau.

"Pelaksanaanya hanya satu hari ini. Untuk saat ini harga bahan pokok di Kota Medan juga stabil," jelas Wali Kota Medan Bobby Nasution

Sementara itu Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia Ali Jamil mengungkapkan, pelaksanaan Pasar Mitra Tani ini digelar sesuai intruksi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo agar masyarakat mudah mendapatkan bahan pokok. 

Kementan, katanya juga akan memantau bagaimana kondisi harga bahan pokok pasca lebaran. Jika dibutuhkan, maka kegiatan serupa akan dilakukan lagi.

"Sebelumnya kita sudah lakukan di Medan Barat, ini kita lakukan lagi. Pak Menteri tetap mengarahkan kami semua di Kementan untuk melakukan paling tidak dua minggu pasca lebaran. Kita akan pantau kondisinya di masyarakat untuk barang-barang ini," paparnya.

"Untuk strateginya, semua mitra, semua distributor kita ajak bersama-sama dilapangan untuk bantu masyarakat," tandas Ali Jamil. 

Di Pasar Mitra Tani, setiap harga bahan pokoknya cukup terjangkau. Mulai dari harga daging, bawang putih, minyak goreng, telur ayam, beras semua mengalami penurunan. Masyarakat pun ramai-ramai kunjungi Pasar Mitra Tani ini. 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X