Setelah Empat Hari Pencarian, Pendaki asal Makassar Berhasil Ditemukan Tim SAR

- Rabu, 9 Juni 2021 | 23:03 WIB
Bau Arifah (25) setelah empat hari pencarian, usai dinyatakan hilang sejak Ahad (6/6) di Gunung Abbo, Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Rabu (9/6/2021).  (photo/ANTARA/HO)
Bau Arifah (25) setelah empat hari pencarian, usai dinyatakan hilang sejak Ahad (6/6) di Gunung Abbo, Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Rabu (9/6/2021). (photo/ANTARA/HO)

Tim SAR gabungan telah mengevakuasi pendaki asal Makassar, Bau Arifah (25) setelah empat hari pencarian, usai dinyatakan hilang sejak Minggu (6/6) di Gunung Abbo, Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Kapolres Maros AKBP Musa Tampubolon yang ikut memantau proses pencarian sejak hari pertama hingga hari keempat itu, Rabu (9/6), mengatakan jika kegigihan dari Tim SAR gabungan berhasil menyelamatkan Bau Arifah alias Eva, walaupun dengan kondisi yang sangat lemas.

"Keberhasilan dari teman-teman SAR ini berkat kegigihan mereka yang terus mencari dan mengupayakan agar saudari Eva bisa ditemukan," ujarnya.

AKBP Musa Tampubolon menjelaskan, kejadian itu berawal saat korban bersama sembilan orang rekannya mendaki Gunung Abbo, Bantimurung sejak Sabtu, 5 Juni 2021.

Pendakian yang dilakukan oleh 10 orang yang terdiri tujuh orang laki-laki dan tiga perempuan itu tanpa adanya pemberitahuan, baik kepada Polsek Bantimurung, pemerintah setempat, perangkat desa maupun warga sekitar.

Baca juga: Duh! Diduga Tak Sesuai Pesanan, Customer ini Malah Marah-marah dan Siram Air ke Kurir

Berdasarkan informasi, Eva bersama dengan kesembilan temannya berada di Gunung Abbo untuk membahas organisasi yang akan mereka bentuk dan sebelum sampai puncak, mereka mendirikan tenda.

Namun setelah mendirikan tenda, korban kemudian meminta izin untuk buang air kecil di balik batu perbukitan yang jaraknya tidak jauh dari lokasi perkemahan atau sekitar 20 meter. 

Setelah lima menit sejak izin, korban tidak kembali ke tendanya dan rekannya yang lain mulai mencarinya.

AKBP Musa menuturkan, pencarian selama beberapa jam yang tidak membuahkan hasil itu, membuat tiga orang rekannya yang lain turun gunung mencari pertolongan dan sisanya melanjutkan pencarian.

"Memasuki hari keempat pencarian ini, tim berhasil menemukan jaket diduga milik saudari Eva di lokasi terakhir hilangnya Eva yang berjarak sekitar radius 200 meter arah timur dari lokasi camp dan sebelumnya ditemukan sendal korban juga," katanya.

Eva ditemukan sedang bersandar di pohon dengan kondisi lemas, dehidrasi dan terdapat luka pada kepala. Korban kemudian dievakuasi dan dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X