Kondisi Mengerikan Wanita di Afghanistan yang Dibunuh karena Tidak Mengenakan Burqa

- Jumat, 20 Agustus 2021 | 07:01 WIB
Ilustrasi seorang wanita kenakan burqa di Afghanistan (REUTERS/Yannis Behrakis/File Photo)
Ilustrasi seorang wanita kenakan burqa di Afghanistan (REUTERS/Yannis Behrakis/File Photo)

Gambar seorang wanita terbaring di genangan darah di tanah saat orang tuanya berjongkok di sampingnya diterbitkan oleh Fox News pada hari Rabu (waktu setempat), hari yang sama ketika Taliban bersumpah untuk menghormati hak-hak perempuan.

Dilansir dari Yahoo News, publikasi tersebut melaporkan wanita itu telah dibunuh di Taloqan, provinsi Takhar, karena dia meninggalkan rumahnya tanpa mengenakan burqa.

Baca Juga: Pimpinan Tertinggi Taliban Calon Kepala Dewan Penguasa Afghanistan, Dukung Eksekusi Publik

Gambar itu tampaknya pertama kali dibagikan di media sosial pada 9 Agustus ketika dua anggota parlemen Afghanistan dari Takhar mengkonfirmasi bahwa ibu kotanya, Taleqan, telah jatuh ke tangan Taliban. Sumber gambar belum dikonfirmasi.

Lebih dari seminggu kemudian Taliban bersumpah pada hari Selasa (waktu setempat) untuk menghormati hak-hak perempuan dalam norma-norma hukum Islam.

Janji itu dibuat oleh Zabihullah Mujahid, juru bicara lama Taliban, dalam penampilan publik pertamanya. Dia tidak merinci komentarnya.

Taliban telah mendorong perempuan untuk kembali bekerja dan mengizinkan anak perempuan kembali ke sekolah, membagikan jilbab di pintu. Seorang pembawa berita wanita mewawancarai seorang pejabat Taliban pada hari Senin di sebuah studio TV.

Gadis-gadis dilaporkan dicambuk karena memakai 'sandal terbuka'
Ketika kelompok fundamentalis memerintah negara itu selama lima tahun hingga invasi pimpinan AS tahun 2001, anak perempuan dilarang bekerja atau menerima pendidikan. Perempuan juga tidak diperbolehkan bepergian ke luar rumah tanpa ditemani oleh kerabat laki-laki.

Taliban juga melakukan eksekusi publik, memotong tangan pencuri, dan melempari wanita yang dituduh berzina dengan batu.

Belum ada laporan yang dikonfirmasi tentang tindakan ekstrem semacam itu di daerah-daerah yang baru-baru ini direbut oleh para pejuang Taliban. Namun militan dilaporkan telah mengambil alih beberapa rumah dan membakar setidaknya satu sekolah.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X