14 Juta Lansia di Indonesia Belum Divaksin, Menkes: Ada yang Takut ke RS

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 10:46 WIB
Tenaga medis memeriksa kesehatan lansia yang mengalami kondisi disabilitas sebelum menyuntikkan vaksin COVID-19. (ANTARA/ M Ibnu Chazar)
Tenaga medis memeriksa kesehatan lansia yang mengalami kondisi disabilitas sebelum menyuntikkan vaksin COVID-19. (ANTARA/ M Ibnu Chazar)

Saat ini, cakupan vaksinasi bagi golongan lansia di Indonesia masih tergolong rendah. Dari total 21 juta sasaran, baru 7 juta saja yang sudah divaksinasi.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, masih ada 14 juta orang lagi yang harus segera divaksin. Menkes menyebut, banyak faktor yang membuat banyak lansia yang hingga kini belum juga divaksin, salah satunya karena takut untuk ke rumah sakit.

"Masih banyak yang belum divaksinasi, ada yang memang takut ke RS, tidak diajak anggota keluarganya, atau enggan keluar rumah, sehingga mesti dibantu untuk diyakinkan agar mereka bisa segera divaksinasi," kata Menkes, dikutip Selasa (12/10).

Kementerian Kesehatan terus berupaya memberikan layanan vaksinasi dengan baik dan bisa dijangkau semua kalangan, terutama bagi golongan lansia. Setiap harinya, sentra vaksin dengan kapasitas 1000-2000 sasaran terus diperbanyak di pelosok Indonesia.

Untuk mempercepat capaian vaksinasi, pihaknya meminta anggota keluarga untuk memberikan dorongan serta pemahaman bagi anggota keluarganya yang lanjut usia agar mau divaksin.

Dorongan dari anggota keluarga tentu diperlukan agar menguatkan tekad dan keyakinan mereka untuk mendapatkan vaksin.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X