UGM Siap Gelar PTM Akhir Oktober Ini, Begini Persiapannya

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 10:56 WIB
Universitas Gajah Mada. (Instagram/ugm.yogyakarta)
Universitas Gajah Mada. (Instagram/ugm.yogyakarta)

Sejalan dengan Mendikbud Ristek Nadiem Makarim yang telah mengizinkan kampus untuk menggelar perkuliahan tatap muka, UGM saat ini tengah mempersiapkan berbagai mekanisme untuk menjalani Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

UGM nantinya akan menjalankan PTM terbatas dan hanya menggunakan kapasitas ruang kuliah 25 hingga 50 persen.

"PTM Terkendali rencananya dimulai setelah Ujian Tengah Semester pada bulan Oktober ini," kata Rustamadji, Ketua Satgas Covid-19 UGM, Senin (18/10). 

Rustamadji mengatakan, UGM nantinya akan menggelar perkuliahan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan mengacu pada aturan pemerintah lewat instruksi Mendagri tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Selain mempersiapkan kebutuhan umum, pihak UGM juga akan menyediakan tempat makan khusus, lokasi kegiatan ekstrakurikuler serta lokasi istirahat dengan model pembatasan dan prokes ketat.

"Jika tidak disiapkan tempat kegiatan ekstrakurikuler dan hanya kuliah saja maka mahasiswa cenderung akan bergerombol," ujarnya.

Terkait mahasiswa yang bisa menjalankan PTM, Rustamadji mengatakan hanya mahasiswa yang berdomisili di DIY dan Jawa Tengah saja yang diperbolehkan ikut PTM. 

Namun jika terdapat mahasiswa luar kota yang sudah lama tinggal di Jogja selama pandemi, makan diperbolehkan untuk ikut.

"Rencananya mahasiswa dari DIY dan Jawa Tengah dulu dan sudah pernah vaksin. Jika ada yang belum vaksin maka kita akan kita siapkan vaksinasinya. Mereka juga harus dapat izin orangtua," ujarnya lagi.

Bagi tenaga pengajar, UGM juga akan memperhatikannya kondisi kesehatannya. Untuk yang punya komorbid, maka dianjurkan hanya mengajar secara daring.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X