Tangani Kasus Dugaan Penyelewengan DAK SMP Kasreman, Gedung Belum Dipakai Sudah Rusak

- Minggu, 12 September 2021 | 10:08 WIB
Sejumlah anggota DPRD Ngawi melakukan sidak bangunan laboratorium IPA di SMPN 2 Kasreman. Bangunan tersebut sudah mulai rusak meski belum digunakan. (photo/ANTARA/Louis Rika)
Sejumlah anggota DPRD Ngawi melakukan sidak bangunan laboratorium IPA di SMPN 2 Kasreman. Bangunan tersebut sudah mulai rusak meski belum digunakan. (photo/ANTARA/Louis Rika)

Kejari Ngawi saat ini menangani kasus adanya dugaan penyelewengan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2020 untuk rehabilitasi ruang laboratorium IPA SMPN 2 Kasreman yang bernilai ratusan juta rupiah.

Dikabarkan adanya laporan tentang kerusakan bangunan laboratorium di SMPN 2 Kasreman padahal belum sempat digunakan.

"Ini masih tahap awal. Kami juga masih melakukan pengumpulan data (puldata) dan pengumpulan bahan keterangan (pubaket) dalam kasus ini," ujar Kasi Intel Kejari Ngawi David Nababan di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Sabtu (11/9) dikutip dari ANTARA.

Ia menjelaskan berdasarkan laporan, kerusakan bangunan laboratorium tersebut dinilai cukup fatal. Itu karena berdampak pada tidak dapat difungsikannya bangunan yang belum sempat dipakai tersebut.

Baca juga: Polisi Sebut Ada Dugaan Kelalaian Dalam Kasus Kebakaran Lapas Tangerang

Meski rehabilitasi menggunakan sistem swakelola, dalam kasus tersebut pihaknya tidak hanya akan memanggil panitia pembangunan sekolah (P2S) terkait, namun juga pihak Dinas Pendidikan Ngawi.

Hal itu karena kegiatan tersebut juga dalam naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi, termasuk nanti juga dilakukan pengecekan ke lapangan.

Ia menambahkan, karena masih tahap awal, pihaknya belum menetapkan tersangka dalam kasus dugaan korupsi dana DAK tersebut.

Gedung laboratorium IPA SMPN 2 Kasreman Ngawi dibangun menggunakan DAK tahun 2020 dengan besaran anggaran Rp124 juta rupiah. Kini bangunan tersebut untuk sementara tidak difungsikan karena rusak. Kerusakan di antaranya terjadi pada kondisi dinding yang retak-retak dan ubin yang terlepas.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X