Sandiaga Uno Menilai Peran Oposisi Dibutuhkan Dalam Pembangunan

- Selasa, 4 Februari 2020 | 23:20 WIB
Sandiaga Uno. (photo/Instagram/sandiuno)
Sandiaga Uno. (photo/Instagram/sandiuno)

Pengusaha sekaligus Politisi dari Partai Gerindra, Sandiaga Uno, mengatakan peran oposisi dibutuhkan untuk mengawasi kebijakan yang diambil pemerintah sekaligus memberikan alternatif solusi dalam pembangunan.

Dalam diskusi dalam peluncuran buku #KamiOposisi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, ia mengatakan dalam oposisi melekat peran checks and balances.

Namun, menjadi oposisi haruslah memiliki kecerdasan pola pikir. Bukan sekedar oposisi yang berani menyatakan diri berbeda tanpa memberikan solusi.

Selain itu, menurut dia, tugas oposisi bukan memperuncing perbedaan kepentingan yang ada sehingga berdampak pada struktur masyarakat yang diwakili di bawah.

Dalam sistem demokrasi, kata Sandiaga, menjadi oposisi adalah bagaimana menjadi orang-orang yang kredibel dan konstruktif.

Ia menambahkan, berdasarkan data yang dikumpulkannya, sebanyak 60 persen masyarakat Indonesia ingin ada sebuah kelompok yang dapat memberikan checks and balances.

"Ini angka yang saya kumpulkan selama ini," kata Sandiaga melansir Antara. 

Selain itu, oposisi berperan penting dalam menyuarakan aspirasi misalnya betapa pentingnya menciptakan lapangan pekerjaan dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

"Dan di sini, checks and balances-nya akan dimainkan oleh teman-teman di #KamiOposisi ini. Ini sebuah branding yang kuat, menurut saya," kata Sandiaga.

Artikel Menarik Lainnya: 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X