Nikaragua Resmi Putus Hubungan Diplomatik dengan Taiwan

- Jumat, 10 Desember 2021 | 08:35 WIB
Seorang wanita berjalan melewati bendera Taiwan. (REUTERS/Ann Wang)
Seorang wanita berjalan melewati bendera Taiwan. (REUTERS/Ann Wang)

Pemerintahan Nikaragua resmi memutuskan hubungan diplomatik dengan Taiwan. Negara itu menyatakan bahwa ada satu China (Republik Rakyat China), dan Taiwan bagian dari wilayah China.

Pemutusan hubungan diplomatik tersebut langsung diumumkan oleh Menteri Luar Negeri Nikaragua, Denis Moncada Colindres.

"Pemerintah Republik Nikaragua hari ini memutuskan hubungan diplomatik dengan Taiwan dan tidak lagi memiliki kontak atau hubungan resmi," kata Denis dalam sebuah pernyataan, dikutip dari RT, Kamis (9/12/2021).

"Pemerintah Republik Nikaragua menyatakan bahwa mereka hanya ada satu China di dunia," tambahnya.

Denis juga menegaskan bahwa Republik Rakyat China merupakan satu-satunya pemerintah sah yang mewakili seluruh China, dan Taiwan bagian dari China yang terpisah.

Baca juga: Jepang dan AS Tak akan Diam jika China Serang Taiwan

Merespons pernyataan Nikaragua, Kementerian Luar Negeri Taiwan menyatakan pihaknya sakit hati atas keputusan tersebut.

Kementerian Luar Negeri Taiwan juga berpendapat bahwa Taiwan memiliki hak untuk menjalin hubungan diplomatik dengan seluruh negara dunia.

Kini, hanya 14 negara berdaulat yang memiliki hubungan diplomatik dengan Taiwan. Mayoritasnya negara-negara kecil dan kurang berkembang secara ekonomi.

Nikaragua bergabung dengan lebih dari seratus negara yang telah memutuskan hubungan diplomatik dengan Taiwan. Kepulauan Solomon memutuskan hubungan dengan Taiwan tahun 2019, sementara Republik Dominika dan El Salvador memutuskan hubungan dengan Taiwan pada 2018.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X