Minta Warga Jakarta Hemat Air Bersih, Wagub DKI: Sekalipun Kita Bukan Timur Tengah

- Rabu, 6 Oktober 2021 | 13:54 WIB
Warga di Cipayung, Jakarta Timur, sedang menikmati air bersih. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Warga di Cipayung, Jakarta Timur, sedang menikmati air bersih. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta seluruh warganya untuk menghemat penggunaan air bersih. Hal tersebut menurutnya harus dilakukan meskipun kondisi ibu kota tidak kekurangan air.

"Kita minta ke semua warga Jakarta untuk menghemat Penggunaan air, harus dijaga air, sekalipun kita bukan di Timur Tengah, padang pasir yang sulit air," ucapnya di Balai Kota DKI, Rabu (6/10/2021).

Mantan anggota DPR RI ini mengimbau penghematan air bersih dilakukan guna bisa menjaga stok persediaan air bersih. Apalagi saat ini, pengggunaan air tanah akan dikendalikan oleh Pemprov DKI.

"Namun demikian kami sudah menyiapkan dengan PUPR, dari Harian Serpong, Jatiluhur, serta Juanda untuk ke depan, agar bisa menyalurkan kebutuhan air bersih di DKI Jakarta," terang Riza.

Dengan begitu, ia berharap nantinya penggunaan air tanah oleh masyarakat Jakarta akan berkurang. Sehingga, warga bisa mendapatkan air bersih melalui saluran perpipaan yang akan disalurkan secara menyeluruh.

Pasalnya, menurut Pemprov DKI melalui Dinas Sumber Daya Air (SDA) mengatakan penggunaan air tanah akan berdampak buruk sehingga tinggi muka tanah akan semakin menurun.

"Kalau nanti sudah tersalurkan penggunaan air tanah akan berkurang, sesuai dengan penyaluran yang ada. Jadi semakin banyak PAM menyalurkan air bersih, maka penyedotan air melalui pompa akan berkurang ya," tandas Riza.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X