Bantu Warga Pulihkan Ekonomi, Inalum Berikan 10 Gerobak Kuliner Untuk Pelaku UMKM

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 20:26 WIB
Ismail Midi bersama Bupati Kabupaten Batubara Zahir dan Maya Indriasari Zahir saat serahkan bantuan peralatan produksi bagi pelaku UMKM dan kelompok remaja masjid di wilayah kabupaten Batubara. (Ist)
Ismail Midi bersama Bupati Kabupaten Batubara Zahir dan Maya Indriasari Zahir saat serahkan bantuan peralatan produksi bagi pelaku UMKM dan kelompok remaja masjid di wilayah kabupaten Batubara. (Ist)

10 unit gerobak kuliner diberikan kepada para pelaku UMKM guna mendukung pemulihan ekonomi masyarakat menengah ke bawah oleh Inalum.

Bupati Kabupaten Batubara Zahir menyebutkan bahwa program yang berkolaborasi bersama INALUM merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam mengemas dan mengembangkan bisnis UMKM.

"Di masa pandemi atau pasca pandemi ini pemerintah harus memikirkan bagaimana para pelaku UKM dan IKM bisa lebih banyak muncul, kemudian lebih berkualitas," kata Zahir di Aula Rumah Dinas Bupati Batubara yang bertepatan di Perumahan Tanjung Gading INALUM, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batu Bara pada hari Rabu (13/10/2021).

Zahir mengatakan urgensi alat-alat untuk mendukung program UKM dan IKM itu bagi masyarakat.

"Kita telah menganggarkan melalui APBD Kabupaten dan ditambah dengan INALUM juga mempersiapkan alat-alat berupa gerobak untuk bakso dan yang lainnya, kemudian kita juga melakukan peningkatan dan pemulihan ekonomi di masjid melalui remaja masjid, melalui organisasi BKPRMI, sehingga nanti masyarakat banyak memiliki usaha UKM,” ujar Zahir.

Sementara itu Senior Vice President CSR & PKBL INALUM, Ismail Midi mengungkapkan bahwa selaras dengan tema CSR pada tahun ini yaitu "Bangkit dengan Pandemi" dan target utama CSR INALUM di tahun 2022 adalah meningkatkan taraf pembangunan manusia yang di dalamnya terdapat 3 komponen yaitu peningkatan kualitas ekonomi, pendidikan dan kesehatan.

Harapannya melalui program ini bisa mendukung dan mendorong masyarakat yang ada di kabupaten Batubara, tidak hanya sejahtera namun target mereka adalah "Mandiri" yang mampu meningkatkan/memajukan para UMKM sehingga perekonomian masyarakat di kabupaten Batubara bisa lebih baik lagi di masa yang akan datang. 

"Mudah-mudahan tujuan program ini dapat tercapai dan bagi para UMKM juga, kita ada bantuan dana usaha. Bapak/ibu sekalian, melalui program kita ada bantuan modal usaha. Nanti kalau bapak/ibu sekalian terbentur di modal usaha bisa menghubungi kita," ujar Ismail.

Acara turut dihadiri oleh Bupati Kabupaten Batubara, H Zahir, Senior Vice President CSR & PKBL INALUM, Ismail Midi, Ketua BKPRMI Kabupaten Batubara, Mukhrizal Arif, dan Ketua TP.PKK Kabupaten Batubara, Maya Indriasari Zahir, SE.

Nurhayati sebagai salah satu penerima manfaat yang juga merupakan Pelaku UMKM di Kabupaten Batubara merasa sangat terbantu dengan pemberian peralatan produksi serta gerobak kuliner yang diberikan INALUM.

Ia berharap melalui bantuan ini dapat memperbaiki perekonomian yang sempat menurun di masa pandemi.

"Saat ini kita jualan mie sop dan pecal, suatu rezeki bagi kami bisa dapat steling. Karena gerobak kami sebelumnya biasa-biasa saja, terbuat dari kayu tidak sebagus ini. Semoga gerobak ini bermanfaat bagi kami,” ujar Nurhayati. 

Di akhir arahan dan sambutan, Bupati Zahir mengungkapkan terima kasih terutama kepada Gubernur Sumatera Utara, Edi Rahmayadi yang peduli serta fokus dalam memperhatikan UMKM serta kepada kepada INALUM.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada INALUM yang selalu memberikan perhatian melalui CSR terhadap pengembangan dan peningkatan UMKM. Tadi ada 3 model yang menjadi fokus di tahun 2022. Saya lihat ketiga ini sudah tepat, kalau ekonomi baik, harus di dukung depan pendidikan yang baik. Kalau pendidikan dan ekonomi baik, lalu kita juga bisa sehat.” tutup Zahir. 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB
X