Aksi Heroik Anggota TNI Bantu Persalinan Warga di Tengah Gelapnya Hutan Papua

- Minggu, 5 Desember 2021 | 13:52 WIB
Anggota TNI bantu persalinan warga (Instagram/tni_angkatan_darat)
Anggota TNI bantu persalinan warga (Instagram/tni_angkatan_darat)

Kamis (2/12/2021), menjadi hari yang menegangkan bagi prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/RW yang bertugas di Pos Yakyu, Kampung Rawabiru, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua.

Prajurit TNI ini harus menghadapi situasi darurat menyelamatkan dua nyawa, yaitu seorang wanita yang melahirkan dan bayi di kandungannya.

Saat itu prajurit TNI Yonif 123/Rajawali yang sedang berada di pos, tiba-tiba didatangi seorang warga setempat dan melaporkan ada seorang ibu hamil tua sedang membutuhkan bantuan medis. Wanita itu menunggu di bawah rimbunan pohon pisang pinggiran hutan.

Ternyata ibu hamil bernama Novita dalam kondisi mengkhawatirkan. Bayi yang di dalam kandungannya sudah waktunya untuk lahir. Sementara situasi di lokasi tidak memungkinkan.

"Novita tak henti menjerit histeris karena alami kontraksi hebat. Jadi saat itu si ibu sedang menemani sang suami untuk berburu di hutan. Dan di tengah jalan harus diambil tindakan persalinan darurat," ujar Dansatgas Yonif 123/RW Letkol Inf Goklas P. Silaban, dikutip dari Antara, Minggu (5/12/2021).

Akhirnya prajurit TNI Satgas Yonif 123 langsung melaksanakan tindakan medis darurat untuk menyelamatkan nyawa Novita dan bayinya.

"Dengan peralatan medis seadanya dan penerangan hanya menggunakan lampu senter, prajurit kesehatan Yonif 123/Rajawali yang sebelumnya sudah berkonsultasi kepada Dokter Satgas Lettu Ckm dr. Bintang Karlien Ass.Eng, membantu proses persalinan," kata Goklas.

Untunglah, proses persalinan darurat itu berhasil dilakukan dengan baik dan ibu dan sang bayi bisa diselamatkan.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by TNI AD (@tni_angkatan_darat)

Komandan Pos TNI Yakyu Letda Darwin Simanulang menambahkan saat itu memang tak mungkin membawa Novita ke tempat persalinan yang layak sebab sudah kontraksi dan pendarahan hebat.

"Dengan kondisi demikian akhirnya Novita harus melakukan persalinan darurat di perkebunan pisang dan bisa melahirkan dengan selamat.Bayi perempuan yang dilahirkan Novita merupakan anak ketujuh dengan suaminya bernama Daniel,"ujar Darwin.

Keluarga Novita pun sangat berterima kasih atas pertolongan darurat anggota TNI ini.

Artikel Menarik Lainnya :

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X