Inspiratif, Inilah 5 Pengusaha Media Tersukses di Indonesia & Dunia

- Rabu, 28 Agustus 2019 | 14:40 WIB
photo/Wikipedia
photo/Wikipedia

Dari berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia, ada banyak kita temui para tokoh dan konglomerat media yang sukses menjalankan bisnisnya. Kesuksesan itu ditempuh dengan perjalanan panjang dan berliku. Mereka memulai semuanya dari nol, bahkan dulunya pernah menjadi seorang pekerja media.

Kini, kesuksesan mereka dalam memimpin perusahaan media telah menginspirasi banyak pebisnis lain. Siapa saja mereka? Dirangkum Indozone dari berbagai sumber, Rabu (28/8), berikut ini 5 pengusaha media tersukses yang ada di Indonesia dan dunia:

1. Atmaji Sapto Anggoro

-
photo/trianiretno.com

Sosok Atmaji Sapto Anggoro mungkin belum begitu familiar bagi kebanyakan orang. Tapi bagi mereka yang berkecimpung di industri media, tentu tau sosok yang satu ini. Tahun 2018, Sapto mendirikan media online Merdeka.com. Ia kemudian meninggalkan media itu dan mendirikan portal Tirto.id tahun 2016.

Tirto.id saat ini dinilai sebagai salah satu media online berbasis data (jurnalisme data) dengan ciri khas mendalam dan investigatif. Bahkan, media ini menjadi pelopor media infografik di Indonesia. Kini, arus persaingan media yang dihadapi Tirto cukup deras, bersaing dengan media besar lainnya seperti Detik, Kumparan, Kompas, dan Jawa Pos.

Namun, sebelum sukses menjadi pengusaha media, Sapto Anggoro pernah merasakan jatuh-bangun bekerja sebagai pekerja media. Dimulai dari menjadi wartawan Surabaya Post, Berita Buana, Detik.com, dan Republika.

2. Dahlan Iskan

-
REUTERS/Enny Nuraheni

Menteri BUMN yang menjabat saat pemerintahan Presiden SBY ini dulunya seorang wartawan. Hingga saat ini pun, dia tetap dikenal sebagai orang sederhana meski sudah menjadi pengusaha media terkenal.

Jawa Post Group adalah media yang didirikan Dahlan Iskan. Kini, produk-produk grup Jawa Pos menyebar hampir ke seluruh pelosok Tanah Air. Menghadapi persaingan digital, Dahlan juga mengembangkan medianya dalam bentuk online dari Jawapos.com dan JPPN.com.

Bahkan, Jawa Pos juga hadir sebagai media penyiaran seperti JTV Surabaya, Batam TV, dan Riau TV, serta menerbitkan sejumlah majalah dan tabloid.

3. Jakoeb Oetama

-
photo/Wikipedia

Dr. Jakoeb Oetama adalah seorang wartawan senior dan konglomerat pemilik Kompas Gramedia Group. Pria kelahiran 1931 ini juga aktif sebagai Pembina Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Indonesia, dan Penasihat Konfederasi Wartawan ASEAN.

Saat ini, Harian Kompas yang berada di bawah naungan Kompas Gramedia Group merupakan salah satu media terbesar di Indonesia. Tak hanya Harian Kompas, ada juga Tribun, Kontan, dan Warta Kota, serta sejumlah media online seperti Kompas.com, Kompas.id, dan Tribunnews.

Kesuksesan Jakoeb Oetama mengembangkan bisnis medianya tidak hanya sampai di situ. Dia juga memiliki jaringan penerbit buku seperti Gramedia, Elexmedia, Penerbit Buku Kompas, dan beberapa bisnis penyiaran seperti Kompas TV, Gramedia TV, hingga radio Sonora, Motion Radio, dan Smart FM.

Dia juga melebarkan sayap bisnisnya di bidang hospitality, manufaktur, dan event. Salah satu perusahaan penyelenggara event terbesar yang ia miliki saat ini adalah PT Dyandra Media International Tbk.

4. Ted Turner

-
photo/Wikipedia

Robert Edward 'Ted' Turner adalah seorang konglomerat media dari Amerika dan filantropis. Ia terkenal sebagai pendiri media TBS dan CNN. Pria kelahiran Cincinnati, Amerika Serikat ini merupakan lulusan Brown University dan sempat bekerja di Coast Guard sebelum bergabung dengan perusahaan sang ayah, Turner Advertising.

Pasca ayahnya meninggal karena bunuh diri, Turner membesarkan perusahaan ayahnya itu. Benar saja, perusahaan itu tumbuh pesat dan sangat besar dengan sebutan Turner Broadcasting System (TBS). 

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X