Warga DKI Pertanyakan Janji Anies Baswedan tentang Becak

- Rabu, 11 Desember 2019 | 12:19 WIB
Antara/Fauzi Lamboka
Antara/Fauzi Lamboka

Perwakilan warga dari Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK) Jakarta menagih janji Gubernur DKI Anies Baswedan soal pengoperasian kembali angkutan becak. Hal tersebut disampaikan Koordinator Becak, Rasdullah saat diskusi peringatan Hari HAM internasional di Lapangan Krapu, Pademangan, Jakarta Utara (10/12).

"Kita minta kepastian, jangan janji-janji melulu, kapan, tanggal berapa, bulan berapa tahun berapa, becak bisa masuk ke area pariwisata," kata Rasdullah.

Radullah menuturkan bahwa para pemilik becak selama ini sudah bekerja keras menertibkan becak di Jakarta. Ia mengatakan, saat ini becak sudah bisa diatur dan telah tertata dengan rapi.

Rasdullah juga meminta pertanggungjawaban Anies Baswedan soal pengoperasian becak di Jakarta yang saat ini masih terhalang Perda.

"Kendala ada peraturan daerah (Perda) yang masih menghalangi becak, kita minta itu menjadi pertanggung jawaban gubernur," ujar Rasdullah.

Menurutnya, angkutan becak saat ini sudah dikatakan sebagai tgransportasi lingkungan. Ia juga menyarankan agar nama becak sebaiknya diganti dengan Angkutan Lingkungan (Angling).

"Lengkapnya Angling Darma atau angkutan lingkungan dari masyarakat," kata Rasdullah.

Peringatan hari HAM Internasional di Jakarta diinisiasi oleh Urban Poor Consortium (UPC), jejaring rakyat miskin Indonesia (Jerami) dan Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK) Jakarta.

Sementara itu, pendamping JRMK, Gugun Muhammad mengatakan diskusi Hari HAM tersebut bagian dari evaluasi kontrak politik dari dua tahun kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menanggapi dan berjanji akan membahas masalah tersebut bersama-sama. Jadi, dia tidak menjawabnya langsung pada kesempatan tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X