Indonesia Dinilai Siap Masuk Tahun Ajaran Baru dengan Kenormalan Baru

- Minggu, 31 Mei 2020 | 16:00 WIB
Sejumlah anak menyusun maket miniatur terminal bus dari kertas di Sekolah Automasi dan Robotika (Autobot), Klaten, Jawa Tengah, Kamis (14/5/2020). (ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho)
Sejumlah anak menyusun maket miniatur terminal bus dari kertas di Sekolah Automasi dan Robotika (Autobot), Klaten, Jawa Tengah, Kamis (14/5/2020). (ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho)

Guru Besar Ilmu Pendidikan UNS, Joko Nurkamto menilai bahwa dunia pendidikan Indonesia sudah siap mengawali pelaksanaan tahun ajaran baru 2020/2021 dengan kenormalan baru atau new normal.

"Hanya kesiapan dimaksud kembali pada bagaimana menyesuaikan dengan aturan tata laksana kehidupan normal baru yang sekarang sedang dikaji pemerintah," ungkap Joko, Minggu (31/5/2020).

Joko mengatakan, agar kesiapan memulai tahun ajaran baru tidak ada kendala, maka harus ditunjang dengan perangkat protokol kesehatan yang ditegakkan secara tegas di lingkungan pendidikan.

Menurutnya, bagaimana pun ajaran baru tetap harus terlaksana meski di tengah pandemi COVID-19 agar kualitas pendidikan nasional tetap stabil.

"Bagaimanapun, tahun ajaran baru memang harus terlaksana, meski dengan syarat serta aturan yang sulit, bahkan tidak nyaman. Supaya sistem dan kualitas pendidikan nasional tetap stabil sekaligus berkualitas," ujarnya.

Dia juga mengingatkan agar pihak sekolah, orangtua murid dan para tenaga medis mempererat sinergi untuk memperkecil risiko penularan.

Sebelumnya, Kemendikbud menyatakan tahun ajaran baru direncanakan bakal mulai berlangsung 13 Juli 2020 sesuai jadwal kalender akademik.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X