Anies Klaim Dapat Surutkan Banjir di Jakarta Dalam 6 Jam

- Selasa, 9 Februari 2021 | 10:15 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Pemprov DKI)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Pemprov DKI)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta kepada jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk bisa mengendalikan genangan air akibat banjir selama kurang lebih enam jam pasca kejadian.

"Bila curah hujan di bawah 100 mm, seharusnya bisa terkelola dengan baik. Bila di atas 100 mm, kita targetkan dalam waktu enam jam harus bisa menanggulangi genangan hingga surut," ucap Anies, Selasa (9/2/2021).

Ia pun menjelaskan bahwa di Jakarta terdapat sebanyak 3.000 RW, maka ketika terjadi genangan di beberapa wilayah seperti pada Minggu (7/2/2021) di Pejaten dan Kampung Melayu, Anies mengklaim kondisi sudah membaik selama penanganan enam jam.

"Hampir semuanya dalam waktu kurang dari enam jam terkondisikan dengan baik," ungkap mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut.

Di samping itu, menurut Anies, Pemprov DKI telah banyak belajar dari kasus genangan awal tahun 2020, di mana saat persiapan menghadapi musim hujan, seluruh jajaran Dinas SDA telah mengantisipasi sejak tahun lalu.

Baca Juga: Pintu Air Sunter Hulu Masih Siaga 2 dan Manggarai Siaga 3

Sehingga, saat ini Pemprov DKI terbantu dalam mengantisipasi situasi jika terjadi hal di luar kendali seperti volume air yang tinggi akibat curah hujan yang intensif.

"Yang sudah kita kerjakan sejak lama adalah pengerukan waduk-waduk di Jakarta sejak tahun lalu. Kemudian pembersihan sendimentasi di saluran saluran dikerjakan dengan luar biasa. Lalu yang ketiga membangun sumur vertikal untuk drainase," papar Anies.

"Keempat memastikan semua pompa air berfungsi dengan baik, karena kita memiliki lebih dari 50 rumah pompa. Kemudian yang kelima adalah pengendalian pintu pintu air, jadi seluruh persiapannya dikerjakan tahun lalu. Hal ini supaya saat musim hujan datang, kita posisinya siaga, dan tanggap," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X