Alhamdulilah! Bansos Tunai hingga BPNT Diperpanjang Sampai 2021

- Sabtu, 7 November 2020 | 21:09 WIB
Warga memperlihatkan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) di Banda Aceh, Aceh, Jumat (6/11/2020). (Photo/ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)
Warga memperlihatkan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) di Banda Aceh, Aceh, Jumat (6/11/2020). (Photo/ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Kementerian Sosial (Kemensos) RI telah menyiapkan anggaran untuk bantuan sosial (bansos) 2021 bagi masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 sebesar Rp87 triliun.

Menteri Sosial RI Juliari P Batubara mengatakan bahwa per pekan ini pagu alokasi anggaran untuk bansos di Kemensos berkisar Rp86 triliun hingga Rp 87 triliun. Namun, jumlah tersebut sewaktu-waktu bisa saja berubah.

"Alokasi anggaran tersebut nantinya diperuntukkan bagi tiga program yakni Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Tunai (BST)," kata Juliari, seperti yang dilansir dari Antara, Sabtu (7/11/2020).

Baca juga: Panas! Jusuf Kalla Bilang Tak Diperhitungkan, Rizal Ramli, 'Ternyata JK Raja Pembohong'

"Kita tidak tau apakah pagu alokasi ini diubah lagi atau tidak," tambahnya.

Kemudian, terkait penyaluran tersebut, Juliari mengatakan selama dua bulan terakhir belum ada kendala yang signifikan akibat cuaca buruk di sejumlah daerah. Untuk penyaluran secara fisik seperti bansos beras bagi 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) juga telah selesai. Sedangkan yang masih berjalan saat ini semuanya nontunai, ujarnya.

"Jadi kelihatannya tidak terlalu terpengaruh oleh cuaca," ujarnya.

"Meskipun demikian, yang menjadi tulang punggung dari bansos ini tetap di Kementerian Sosial kemudian didampingi Kementerian Desa," sambungnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X